Penyuluhan Massal, KaPusluhtan Pakai `Radio Citra Pertanian` BPTP Sulteng

Radio Streaming Used by Indonesian Govt to Reach Remote Areas

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Penyuluhan Massal, KaPusluhtan Pakai `Radio Citra Pertanian` BPTP Sulteng
RADIO STREAMING: Kepala Pusluhtan BPPSDMP Kementan, Siti Munifah [hijab hijau] menjadi narasumber RCP 100.3 FM untuk penyuluhan massal menjangkau petani hingga ke pelosok Sulteng [Foto: Humas Pusluhtan/Rostika]

Palu, Sulteng [B2B] - Kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah dimanfaatkan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP] Siti Munifah untuk penyuluhan massal melalui Radio Citra Pertanian 100.3 FM [RCP]. Hadir sebagai narasumber dialog interaktif untuk menjangkau petani pada 1.964 desa dari 167 kecamatan di 13 kabupaten, memanfaatkan radio siaran dan radio streaming RCP yang didirikan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian [BPTP Sulteng] sejak 11 Januari 1991.

Siti Munifah hadir di studio RCP setelah didapuk oleh pengelola RCP untuk menguraikan prospek penyuluhan melalui audio digital [radio streaming], yang dia apresiasi sebagai langkah maju mendukung pengembangan penyuluhan pertanian di Sulteng, yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari  Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian RI [BPPSDMP],

"Pada era industri 4.0, penyuluhan yang sifatnya massal harus dirancang menggunakan media yang digandrungi generasi muda antara lain penyuluhan melalui radio streaming yang bisa didengar kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja," kata Kepala Pusluhtan.

Menurutnya, dengan kemasan siaran yang menarik maka perubahan paradigma dapat dimulai dari ketertarikan anak-anak petani untuk mempengaruhi orangtuanya yang berprofesi sebagai petani.

"Maksudnya, agar petani mau melakukan transformasi dalam menjalankan usaha taninya, tidak hanya dalam tataran on farm seperti budidaya yang benar atau better farming, namun juga usahatani yang berskala ekonomi dan orientasi pasar," katanya lagi.

Siti Munifah meyakini bahwa pemanfaatan radio streaming akan memperluas jangkauan pelayanan penyuluhan terutama bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Berdiri 1991
Selain Siti Munifah, narasumber yang pernah menjadi ´tamu penting´ RCP adalah Menteri Pertanian RI, Anton Supriyantono pada 3 September 2005 saat berkunjung ke Sulteng.

BPTP Sulteng mengoptimalkan teknologi informasi yang beragam disesuaikan kondisi geografis dan kebutuhan masyarakat, khususnya petani melalui RCP yang mengudara sejak 11 Januari 1991 sebagai stasiun radio siaran, dan kini melayani pula radio streaming untuk pengguna internet.

Laman Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian [Balitbangtan] http://www.litbang.pertanian.go.id menguraikan bahwa sejak awal 1991, berbagai hasil teknologi pertanian telah disebarluaskan ke pendengar yang meliputi para petani, pengelola agribisnis dan agroindustri, pelajar dan mahasiswa pertanian serta masyarakat pertanian lainnya yang menjadi segmen pendengar potensial RCP.

RCP terbukti andal sebagai media informasi efektif dan efisien dari BPTP Sulteng menyebarluaskan hasil-hasil diseminasi pengkajian teknologi pertanian yang telah dilaksanakan selama ini, untuk mengatasi topografi Sulteng dan kini menjangkau hampir seluruh wilayah provinsi.

Pada awal pendirian, RCP dikenal sebagai Radio Informasi Pertanian melalui frekuensi AM 1440 KHz, kemudian pada 2001 beralih ke transmitter FM 103.8 MHz, sekaligus meningkatkan status usaha sebagai perseroan terbatas, PT Radio Siaran Citra Pertanian yang berkantor berikut studio di Kompleks BPTP Sulteng Jl Lasoso 62 Biromaru,  Kabupaten Donggala.

Program acara unggulan adalah penyuluhan pertanian, talkshow, Klinik Pertanian [Klitan] didukung para pakar sebagai narasumber interaktif, Agro Galeri, Saung Tani, dan Teropong Citra dan menjadi counterpart dari lembaga siaran Voice of America [VOA] yang berpusat di Washingto DC, ibukota Amerika Serikat sejak 2001 berupa program berita [live], Bahasa Inggris, Sains dan Teknologi, Dunia Kita, dan program musik. [Ika]