IPDMIP Fasilitasi Sekolah Lapang KostraTani Asahan

Indonesian Agricultural Extentionists must be Support Farmers

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


IPDMIP Fasilitasi Sekolah Lapang KostraTani Asahan
METODE PEMBELAJARAN: SL IPDMIP menerapkan metode Pendidikan Orang Dewasa [POD/Andragogi]. Proses pelibatan peserta didik dewasa ke dalam struktur pengalaman belajar yang sistematis dan berkelanjutan [Foto: Pusluhtan]

Asahan, Sumut [B2B] - Sejumlah petani kawasan irigasi di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara antusias mengikuti Sekolah Lapang [SL] pada anggota keluarga petani padi wilayah Daerah Irigasi [DI] Desa Pondok Bungur, Kecamatan Rawang Panca Arga yang termasuk wilayah DI Serbangan pada penghujung Juli lalu.

Kegiatan SL dipandu oleh penyuluh Rahmadi Rajab dan Uni Surung Simarmata. Topik bahasan fungsi pupuk organik dan anorganik pada tanaman padi. Peserta 20 kepala keluarga [KK] diketuai Aan Maringan Manihuruk, terdiri atas sembilan KK wanita dan 11 KK pria yang mendapat kegiatan SL pada 2020.

Koordinator IPDMIP Kabupaten Asahan, Radinson Saragih mengatakan kegiatan SL-DI digelar oleh Program Integrasi Partisipasi Pertanian dan Manajemen Irigasi, dikenal sebagai Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project [IPDMIP].

"Tujuannya, mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif, mewujudkan kedaulatan pangan nasional, untuk kemajuan sektor pertanian serta kesejahteraan petani," kata Radinson Saragih melalui keterangan tertulis Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP] Minggu [2/8].

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pihaknya memberi perhatian serius pada IPDMIP. Sebab, tujuan utama IPDMIP, meningkatkan ketahanan pangan terutama saat ini, di tengah pandemi Covid-19 serta kesejahteraan petani.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi menegaskan IPDMIP berupaya meningkatkan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.

“Salah satu aspek terpenting pertanian, ketersediaan air. Lewat IPDMIP, produktivitas dan nilai pertanian akan ditingkatkan dengan cara irigasi berkelanjutan,” katanya.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan] Leli Nuryati mengatakan IPDMIP dilaksanakan pada 74 kabupaten di 16 Provinsi. Luas total area pertanian 875.249 hektar atau meliputi 778 daerah irigasi dan jaringan irigasi yang direhabilitasi seluas 330.037 hektar.

Radinson Saragih mengatakan, IPDMIP disambut baik Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Asahan yang tertuang pada Daftar Penggunaan Anggaran [DPA]. Terbagi enam DI, dua di antaranya kewenangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara [Pemprov Sumut] seperti DI Serbangan di Desa Pondok Bungur, Kecamatan Rawang Panca Arga.

"Kegiatan IPDMIP tercakup pada Dinas Pertanian Pemkab Asahan, tertuang dalam daftar kegiatan dinas, berupa kegiatan SL-DI anggota keluarga petani padi," kata Radinson, Konsultan Regional I Tenaga Ahli/Koordinator IPDMIP Asahan saat meninjau SL di DI Serbangan.

Penyuluh Rahmadi Rajab mengatakan pembelajaran SL menerapkan metode Pendidikan Orang Dewasa [POD/Andragogi]. Metode yang mengedepankan proses pelibatan peserta didik dewasa ke dalam struktur pengalaman belajar yang sistematis dan berkelanjutan. 

"Tujuannya, mencapai perubahan pada pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan petani," kata Rahmadi yang hadir sebagai narasumber SL-DI dari IPDMIP Asahan. [Liene]

Asahan of North Sumatera [B2B] - The young generation of farmers who are productive, responsive, understand information technology and agricultural machinery are the backbone of Indonesia´s agriculture as millennial farmers is the main goal of Agriculture Ministry to develop a million millennial farmers, and agricultural extensionist play a vital role in supporting farmers´ regeneration programs.