Balitbangtan Akan Bangun 16 Taman Teknologi Pertanian

IAARD Will Build Agricultural Technology Park Accross Indonesia



KEMENTERIAN Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) akan membangun Taman Teknologi Pertanian (TTP) di 16 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Kepala Balitbangtan Kementan, Haryono mengatakan TTP akan menjadi wahana implementasi inovasi aplikatif spesifik lokasi yang matang menguntungkan petani dari hulu ke hilir dengan melibatkan stake holders terkait.

"Balitbangtan telah menghasilkan banyak inovasi teknologi pertanian yang siap disebarkan kepada masyarakat, namun keberhasilannya tergantung pada keterlibatan dan komitmen pemerintah daerah dalam pembangunan pertanian di wilayahnya," kata Haryono yang ditemui di sela peluncuran pembangunan 100 Taman Sains dan Teknologi Nasional atau Science Techno Park (STP) di Bandung, pekan lalu.

"Kreativitas seluruh institusi di bawah Kementerian Pertanian di daerah yang sinergi dengan sumber daya yang ada di tingkat lokal juga sangat menentukan dalam mendorong penguatan peran terjadinya harmonisasi antar pelaku pembangunan pertanian di wilayah," kata Haryono kepada pers usai peluncuran Science Techno Park (STP) Foto2: B2B/Mya

THE INDONESIAN Agriculture Minister through the Indonesian Agency for Agricultural Research and Development Ministry of Agriculture (IAARD) will build Agricultural Technology Park, known as the TTP in 16 cities and districts across Indonesia.

The Head of the IAARD, Haryono said the TTP that would be innovation facility for the benefit of farmers from upstream to downstream with the involvement of relevant stakeholders.

"IAARD has produced many innovative agricultural technology to be disseminated to the public, but its success depends on the commitment of local government to developing agricultural potential in the region," Haryono said on the sidelines of the launch of the construction of 100 Science Techno Park in West Java`s Bandung last week.

"Creativity entire institutional synergy with the resources at the local level, will be crucial in encouraging harmonization among development actors agriculture across Indonesia," Haryono told reporters after the launch of the Science Techno Park. (Pictures of B2B/Mya)