Kabinet Kerja Bukan Penebar Janji, Mentan Serahkan Alsintan untuk Karawang

Indonesia`s Minister Confirms that Joko Widodo is Working for People

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Kabinet Kerja Bukan Penebar Janji, Mentan Serahkan Alsintan untuk Karawang
BANTUAN DOMBA: Mentan Amran Sulaiman menyerahkan bantuan domba kepada petani Karawang [Foto: Biro Humas Kementan]

Karawang, Jabar [B2B] - Kementerian Pertanian RI berupaya secepat mungkin menyediakan kebutuhan petani seperti halnya bantuan gratis puluhan unit alat mesin pertanian bernilai ratusan juta rupiah dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian [PSP] untuk Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat yang diserahkan oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman kepada petani Karawang disaksikan Bupati Cellica Nurrachadian, Selasa [26/3].

“Kalau hari ini butuh, harus segera dikirim. Ini kabinet kerja, bukan (kabinet) penebar janji. Saya tidak akan datang hari ini kalau bantuannya tidak siap. Kami tidak ingin datang membawa janji, tapi kami ingin datang membawa bukti,” kata Mentan Amran Sulaiman saat menyerahkan Alsintan gratis untuk petani Karawang di Desa Pacing, Kecamatan Jatisari didampingi Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy.

Di era kepemimpinannya, Mentan Amran Sulaiman terus mengupayakan agar bantuan bisa tersalurkan secara cepat tanpa melalui jalur birokrasi yang panjang.

Mentan Amran Sulaiman mengatakan sengaja membawa pejabat eselon satu terbanyak dalam kunjungan kerja selama 4,5 tahun menjabat sebagai menteri pertanian di era Presiden RI Joko Widodo.

Bantuan Alsintan dari Ditjen PSP untuk Karawang meliputi 24 unit traktor roda dua [TR2], lima unit cultivator, lima unit pompa air, 10 unit hand sprayer. Plus aneka benih tanaman pangan dan hortikultura serta bibit tanaman perkebunan juga domba dan ayam kelompok santri tani milenial [KSTM] dan pertumbuhan kawasan rumah pangan lestari [KRPL].

Mentan pun mengelaborasi jumlah bantuan Kementan untuk Karawang dalam 4,5 tahun terakhir mencapai Rp527 miliar, dan 1.240 unit Alsintan.

"Hari ini ada 50 truk bantuan kelapa, 400 ribu ekor ayam kami berikan gratis. Kami berikan juga kambing dan domba," kata Mentan.

Mentan hadir di Karawang pada kegiatan ´Sinkronisasi dan Apresiasi Program Kementerian Pertanian 2019´ yang dihadiri oleh lima ribu petani, santri tani milenial, dan penyuluh pertanian. Turut hadir Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Momon Rusmono; Dirjen Perkebunan, Kasdi Subagyono; dan Tenaga Ahli Mentan, Baran Wirawan; Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry. [Budi]