Jetstar dan Virgin Berencana Kembali Terbang ke Bali Sore Ini

Flights Finally Set to Resume on Sunday after Huge Volcanic Ash Clouds over Bali

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Jetstar dan Virgin Berencana Kembali Terbang ke Bali Sore Ini
Erupsi Gunung Rinjani di Pulau Lombok, armada Jetstar di Australia dan para penumpang yang harus menunda penerbangannya dari Bali (Foto2: MailOnline)

PENERBANGAN ke Bali diperkirakan bakal beroperasi kembali pada Minggu sore apabila tidak ada lagi awan abu vulkanik, kata maskapai Virgin Australia.

Sementara pada Minggu penerbangan pagi ke Bali tetap dibatalkan, maskapai ini telah merilis sebuah pernyataan yang mengatakan awan abu tampaknya menghilang meskipun erupsi Gunung Rinjani masih berlangsung.

'Seharusnya awan abu vulkanik tidak ada lagi semalam, memungkinkan Virgin Australia untuk mengoperasikan sejumlah penerbangan dari Bali ke Australia besok, sehingga para penumpang dapat kembali ke Australia," kata Virgin Australia pada Sabtu malam.

Ini adalah ketiga kalinya tahun ini dampak erupsi gunung berapi di Pulau Lombok mengakibatkan tertundanya sejumlah penerbangan ke dan dari Bali, hal itu memaksa ribuan penumpang harus menunda niatnya keluar dari Bali.

Virgin dan Jetstar terpaksa menunda penerbangan yang direncanakan ke dan dari Bali pada Sabtu setelah angin mendorong awan abu vulkanik terlalu dekat dengan bandara.

Jetstar sebenarnya merencanakan untuk beroperasi di siang hari pada Sabtu, termasuk dua penerbangan untuk mengatasi lonjakan penumpang, tetapi pada tengah hari diumumkan bahwa kondisi udara tidak aman untuk terbang.

Jetstar mengatakan akan mengoperasikan penerbangan siang hari terbatas ke dan dari Bali pada hari Minggu, tetapi kebanyakan akan bertolak dari Denpasar, seperti dilansir MailOnline.

FLIGHTS to Bali may resume on Sunday afternoon if the volcanic ash cloud continues to retreat, Virgin Australia says.

While Sunday morning flights to Bali remain cancelled, the airline has released a statement saying the ash cloud appears to be dissipating despite Mt Rinjani's continuing eruptions.

'Should the ash cloud continue to retract overnight, it may be possible for Virgin Australia to operate a number of flights from Bali to Australia later tomorrow, to enable guests to return to Australia,' Virgin Australia said on Saturday night.

It's the third time this year the troubling volcano on Lombok Island has caused major disruptions for air travel to and from Bali, leaving thousands upon thousands of tourists stranded on the island.

Virgin and Jetstar were forced to abandon planned flights to and from Bali on Saturday after winds pushed a volcanic ash cloud too close to the airport.

Jetstar had planned to operate during daylight hours on Saturday, including two recovery flights, but by mid-morning announced it was not safe to fly.

Jetstar said it would operate limited daytime flights to and from Bali on Sunday, but most would be out of Denpasar.