Pesawat Kargo Raksasa, Aibus BelugaXL Uji Coba Terbang Perdana di Prancis

Airbus`s Cargo Plane - the BelugaXL - Takes to the Skies for its Maiden Flight

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pesawat Kargo Raksasa, Aibus BelugaXL Uji Coba Terbang Perdana di Prancis
Model baru BelugaXL adalah enam meter lebih panjang dan satu meter lebih lebar dari tipe sebelumnya BelugaST yang diganti. Itu juga bisa membawa enam ton lebih berat (Foto2: MailOnline)

PESAWAT kargo terbaru ´BelugaXL´ milik Airbus lepas landas dalam penerbangan uji perdananya.

Pesawat tipe terbaru untuk maskapai kargo telah mengudara pagi ini di Bandara Toulouse-Blagnac, Prancis.

Peluncuran pesawat disambut tepuk tangan meriah oleh lebih dari 10 ribu orang, sebagian besar karyawan dan subkontraktor dari produsen pesawat Eropa terbesar tersebut.

Model baru BelugaXL adalah enam meter lebih panjang dan satu meter lebih lebar dari tipe sebelumnya BelugaST yang diganti. Itu juga bisa membawa enam ton lebih berat.

Misalnya daya muatnya, BelugaXL mampu mengangkut kapasitas dua kali lipat dengan tipe A350 XWB, bukan kapasitas yang mampu diangkut oleh BelugaST.

Badan lebar pesawat dihiasi mata dan senyum nakal dari hewan laut yang nama maupun bentuk tubuhnya diadopsi untuk pesawat berbadan super besar tersebut.

Karyawan Airbus diminta untuk memberikan suara pada desain untuk pesawat, dengan 40 persen suara mendukung senyum lucu seperti dilansir MailOnline.

Airbus mengatakan: ´Beluga baru milik Airbus menggabungkan elemen-elemen yang baru dikembangkan termasuk kokpitnya yang diturunkan, struktur bay kargo, dan bagian belakang dan ekor.´

´Pesawat BelugaXL pertama direncanakan untuk memasuki layanan pada pertengahan 2019 - beroperasi secara paralel dengan armada A300-600ST lima pesawat yang ada, yang akan secara progresif pensiun mulai 2025.´

AIRBUS´S ginormous new ‘BelugaXL’ cargo plane has taken off for its maiden test flight.

The newest addition to the manufacturer’s transport fleet took to the air this morning at Toulouse-Blagnac Airport.

The launch of the aircraft triggered thunderous applause in an audience of more than 10,000 people, mostly employees and subcontractors of the European aircraft manufacturer.

The new model BelugaXL is six metres longer and one metre wider than the BelugaST transporter it is replacing. It can also carry six more tonnes in weight.

An example of its payload, is that it will be able to transport both wings of the A350 XWB jetliner at once, instead of the single wing currently accommodated on the BelugaST.

The BelugaXL sports eyes and a cheeky smile to make it look like its animal namesake.

Airbus employees were asked to vote on a design for the plane, with 40 per cent voting in favour of the comical grin.

Airbus said: ‘Airbus’s new Beluga will incorporate newly-developed elements including its lowered cockpit, cargo bay structure, and rear and tail section.

‘The first BelugaXL aircraft is planned to enter service in mid-2019 – operating in parallel with the existing five-aircraft A300-600ST fleet, which is to be progressively retired through 2025.’