Mumi Mesir Berusia 4.300 Tahun Ditemukan Terbungkus Emas

4,300-Year-Old Egyptian Mummy Wrapped in Gold

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Mumi Mesir Berusia 4.300 Tahun Ditemukan Terbungkus Emas
ARKEOLOGI: Mumi berasal dari 4.300 tahun yang lalu dan ditemukan di sarkofagus batu kapur yang diukir dengan nama ´Hekashepes.´ (Foto2: MailOnline)

PARA ARKEOLOG telah menemukan mumi berusia 4.300 tahun yang dibungkus seluruhnya dengan emas di dekat Piramida Bertingkat - dan itu bisa menjadi yang tertua yang pernah ditemukan.

Pria itu, bernama 'Hekashepes,' ditemukan di dalam sarkofagus batu kapur di dasar lubang sedalam 50 kaki.

Tim penggalian juga menemukan harta karun berupa patung indah seukuran manusia yang diukir menyerupai pelayan, pria, wanita, dan keluarga.

Penemuan tersebut merupakan bagian dari sekelompok makam dinasti kelima dan keenam yang ditemukan 19 mil selatan Kairo, yang diharapkan para pejabat akan menghidupkan kembali pariwisata di wilayah tersebut.

Sayangnya, ekspedisi tidak menemukan prasasti yang mungkin mengidentifikasi pemilik patung-patung ini, kata ahli Mesir Zahi Hawas, yang memimpin penggalian, seperti dilansir MailOnline.

Situs Saqqara adalah bagian dari pekuburan yang luas di ibu kota kuno Mesir Memphis yang mencakup Piramida Giza yang terkenal dan piramida yang lebih kecil di Abu Sir, Dahshur, dan Abu Ruwaysh.

ARCHEOLOGISTS have uncovered a 4,300-year-old mummy wrapped entirely in gold near the Step Pyramids - and it could be the oldest ever found.

The man, named 'Hekashepes,' was found inside a limestone sarcophagus at the bottom of a 50-foot-deep shaft.

The excavation team also uncovered a trove of beautiful life-size statues carved to resemble servants, men, women and families. 

The discoveries are part of a group of fifth and sixth-dynasty tombs found 19 miles south of Cairo, which officials hope will revive tourism in the region.

'Unfortunately, the expedition did not find any inscriptions that might identify the owners of these statues,' Egyptologist Zahi Hawas, who led the dig, pointed out.

The Saqqara site is part of a sprawling necropolis at Egypt's ancient capital of Memphis that includes the famed Giza Pyramids and smaller pyramids at Abu Sir, Dahshur and Abu Ruwaysh.