Beda dengan Corona, Infeksi Hantavirus Ditularkan Tikus apabila Gigit Manusia

Indonesian Govt Confirms Hantavirus Infection is Different of Coronavirus

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Beda dengan Corona, Infeksi Hantavirus Ditularkan Tikus apabila Gigit Manusia
Beda dengan Corona, Infeksi Hantavirus Ditularkan Tikus apabila Gigit Manusia

Jakarta [B2B] - Kementerian Pertanian RI tanggap dan responsif terhadap kabar tentang Infeksi Hantavirus, yang dipastikan berbeda dengan virus Corona, pemicu Covid-19. Sampai saat ini, penularan Covid-19 utamanya terjadi antarmanusia sementara Hantavirus ditularkan dari hewan ke manusia [bersifat zoonosis]. Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa Hantavirus ditularkan dari manusia ke manusia.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan [PKH Kementan] I Ketut Diarmita mengatakan belum lagi surut pemberitaan tentang COVID-19, belakangan publik kembali menerima informasi tentang Infeksi Hantavirus pada manusia di China. 

"Hantavirus ditularkan dari binatang pengerat seperti tikus ke manusia. Tidak pernah ada laporan kasus penularan antarmanusia. Infeksi hanya terjadi apabila manusia digigit tikus, atau kontak dengan barang atau pun makanan yang terkontaminasi oleh air seni atau kotoran tikus sebagai hewan pembawa virus," kata Dirjen Ketut Diarmita di Jakarta, Minggu [6/4].

Dia mengingatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat [PHBS] dan menjaga makanan dan minuman dari kontaminasi, efektif mencegah terjadinya penularan.

Peneliti Utama sekaligus Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor [BBLitvet] NLP Indi Dharmayanti mengatakan bahwa berdasarkan kajian yang dilakukan, Hantavirus pernah ditemukan di Indonesia. Kendati begitu, dia mengingatkan agar masyarakat tidak perlu khawatir, karena dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah, kantor, dan penerapan PHBS dapat mencegah penyakit tersebut.

Dia menambahkan berdasarkan literatur, infeksi Hantavirus mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia berupa kelainan ginjal dan paru-paru, dimulai demam, bintik perdarahan pada muka, sakit kepala, tekanan darah menurun, dan buang air kecil relatif sedikit namun sering.

Hantavirus termasuk virus RNA dan bersifat tidak tahan terhadap pelarut lemak seperti deterjen, pelarut organik dan hipoklorit. "Sama seperti SARS-COV-2, virusnya mudah mati apabila kita bersihkan dengan sabun atau deterjen, disinfektan, pemanasan dan sinar ultra violet," kata Indi Dharmayanti.

Kementerian Pertanian melalui BBLitvet telah melakukan riset terkait virus Hanta, dan bersama laboratorium veteriner lain siap untuk memeriksa sampel apabila diperlukan untuk deteksi virus tersebut.

Jakarta [B2B] - Indonesian Agriculture Ministry confirmed that the hantavirus infection is different of coronavirus. Until now, Covid-19 transmission mainly occurred between humans while Hantavirus was transmitted from animals to humans [zoonosis]. There is no scientific evidence that shows that Hantavirus is transmitted from human to human, according to senior official of the ministry.