Yayasan Cinta Lingkungan Dukung Alih Komoditas Petani Hutan Pemkot Batu

Cinta Lingkungan Foundation Supports the Restoration of Indonesian Agricultural Land

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Yayasan Cinta Lingkungan Dukung Alih Komoditas Petani Hutan Pemkot Batu
KOMODITAS KOPI: Ketua Yayasan Cinta Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, Abu Bakar [tengah] bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Batu, Heru Yulianto [ke-3 kiri] usai penyerahan bantuan 1.500 batang kopi bagi Pemkot Batu.

Kota Batu, Jatim [B2B] - Yayasan Cinta Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia mendukung Program Alih Komoditas Petani Hutan oleh Pemerintah Kota [Pemkot] Batu, Jawa Timur, dengan menyerahkan 1.500 batang pohon kopi dalam upaya pemulihan lahan pertanian terdampak banjir di Kecamatan Bumiaji.

Dukungan tersebut diserahkan Ketua Yayasan Cinta Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, Abu Bakar pada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Batu, Heru Yulianto yang disaksikan Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai di Kota Batu, belum lama ini, berupa 1.500 batang kopi varietas arabika yellow caturra dan cobra.

"Penyerahan 1.500 batang pohon kopi merupakan implementasi dari visi dan misi kami memberi manfaat bagi masyarakat. Seiring tujuan tersebut, yayasan juga mendukung kebijakan Pemkot Batu pada Program Alih Komoditas Petani Hutan," kata Abu Bakar.

Dia menambahkan, pihaknya memilih komoditas kopi untuk mengganti tanaman sayuran, khususnya bagi pemulihan [recovery] lahan pertanian yang terdampak banjir, lantaran pola pertanaman hortikultura pada lahan dengan kemiringan curam di Kecamatan Bumiaji.

Abu Bakar mengungkapkan bahwa yayasan yang berkedudukan di Kota Batu tersebut bergerak pada bidang inovasi teknologi bidang lingkungan, yang turut berperan memberikan pendidikan, teknologi dan inovasi bagi lingkungan, yang akan diperluas hingga bidang kesehatan dan humaniora.

"Salah satu lingkup yayasan adalah kegiatan rehabilitasi lingkungan. Bukan sekadar wacana, seperti dibuktikan hari ini," katanya.

Dukungan tersebut disambut baik dan diapresiasi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Batu, Heru Yulianto sebagai kepedulian yayasan pada program kerja Pemkot Batu bagi kelestarian lingkungan, dan pembangunan sektor pertanian.

"Kami sangat berterimakasih pada dukungan yayasan, tentunya kami harap dapat membawa manfaat kepada masyarakat Kota Batu. Selanjutnya kita akan agendakan penanaman bersama dengan Walikota Batu, semoga dapat segera terlaksana," kata Heru Yulianto.

Dalam kesempatan terpisah, Siti Munifah selaku Ketua Dewan Pendiri/Pembina Yayasan Cinta Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia menegaskan komitmen yayasan tersebut, utamanya pada kegiatan Tanam Serentak Kopi bersama Walikota Batu.

"Waktunya akan ditentukan kemudian, setelah menggerakkan masyarakat untuk membuat lubang tanam dan pembuatan pupuk organik," katanya yang berhalangan hadir di Kota Batu lantaran kesibukan selaku Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian RI [BPPSDMP].

Siti Munifah menegaskan komitmen yayasan pada kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, sekaligus wadah bagi masyarakat untuk menyumbangkan hasil-hasil karyanya bagi bangsa dan negara Indonesia." 

Dalam kesempatan penyerahan bantuan yayasan turut hadir sejumlah anggota yayasan di antaranya Setiasih, Fuad Nur Azis, Nurul Istiqomah, Saiful Husni dan Yuwoko. [Mac]

Batu of East Java [B2B] -  Cinta Lingkungan and Community Empowerment Foundation support the Forest Farmer Commodity Transfer Program by the Government of Batu City in East Java province by handing over 1,500 coffee plants in an effort to restore agricultural land affected by floods in Bumiaji subdistrict.

The foundation based in the Batu city focus on the field of technological innovation in the environmental sector, which has a role in providing education, technology and innovation for the environment, which will be expanded to the health and humanities sectors.