Gandeng Marketplace, Kementan Fasilitasi Pemasaran Produk Peternakan UMKM

Indonesian Ensures the Chicken and Egg Supply is Enough

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Gandeng Marketplace, Kementan Fasilitasi Pemasaran Produk Peternakan UMKM
KERJASAMA SWASTA: Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan kerjasama tersebut untuk mendukung pengembangan peluang pasar bagi para peternak agar meningkatkan pendapatan dari usaha peternakan.

Jakarta [B2B] - Guna memfasilitasi produk peternakan yang dikelola mandiri maupun oleh usaha mikro, kecil dan menengah [UMKM], Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan - Kementerian Pertanian RI [Ditjen PKH Kementan] menggandeng marketplace Tokopedia, untuk meningkatkan pendapatan para peternak mandiri.

Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan kerjasama tersebut untuk mendukung pengembangan peluang pasar bagi para peternak agar meningkatkan pendapatan dari usaha peternakan.

Semua upaya ini, katanya, dilakukan sembari menunggu pelaksanaan rencana pembelian 12 juta ekor ayam ras boiler yang sudah sesuai amanat dari Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 7/2020.

Semenetara itu, salah satu pelaku UMKM pengolahan daging ayam, Devi Maharani mengaku tertolong dengan terjalinnya kerjasama antara Kementan dan Tokopedia. Ia berharap kerjasama tersebut dapat memudahkan penjualan hingga ke seluruh elemen masyarakat.

“Dengan kerjasama ini sayang tertolong sekali karena bisa mendongkrak orderan melalui Tokopedia. Saya harap kerjasama ini terus berlanjut sampai berakhirnya masa pandemi covid-19,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Kementan juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan penyedia layanan transportasi online pemasaran online seperti Blibli, Gojek dan Grab. Selain itu, kerjasama juga dilakukan dengan mitra peternakan usaha daging dan telor unggas termasuk ayam ras, daging sapi dan susu dengan perjanjian percepatan pendistribsian ke masyrakrat yang saat ini sebagian besar berada di rumah.

Jakarta [B2B] - Indonesia´s Agriculture Ministry ensures the supply of beef, chicken meat, and eggs sufficient to meet the needs of Eid, which is mainly supplied from within the country by referring to the results of monitoring the stability of food, until May, 2020, according to Indonesian authorities.