Pesawat Terbaru Virgin Galactic Kembali Mengudara setelah Kecelakaan Fatal

Virgin Galactic Returnstakes to the Skies Nearly 2 Years after Fatal Crash

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pesawat Terbaru Virgin Galactic Kembali Mengudara setelah Kecelakaan Fatal
Perusahaan dirgantara milik Richard Branson kini satu langkah lebih dekat untuk meraih kembali peluangnya untuk mengarungi ruang angkasa setelah pesawat SpaceShipTwo baru, yang disebut VSS Unity (Foto: MailOnline)

VIRGIN Galactic kembali mengudara tahun ini dengan meluncurkan pesawat baru untuk mengangkut wisatawan ke ke ruang angkasa.

Dua pesawat dengan dua pilot dan dua sayap akan mengangkut enam orang dalam setiap penerbangan pada misi selama lima menit ke ruang angkasa.
   
Pesawat ini menggantikan pesawat yang hilang pada kecelakaan 2014 ketika Pilot Michael Alsbury tewas akibat kecelakaan tersebut.

Disain baru ini memperkenalkan fitur keamanan termasuk pin untuk meminimalisir kecelakaan yang fatal.  

Banyak yang mengira pesawat terbaru ini berbeda dari pesawat sebelumnya yang jatuh akibat kecelakaan pada 2014.

Namun Virgin Galactic kembali mengudara tahun ini dengan meluncurkan pesawat baru untuk membawa wisatawan ke ke ruang angkasa.

Perusahaan dirgantara milik Richard Branson kini satu langkah lebih dekat untuk meraih kembali peluangnya untuk mengarungi ruang angkasa setelah pesawat SpaceShipTwo baru, yang disebut VSS Unity, menyelesaikan uji terbang pertama belum lama ini.

'Hari ini menandai sebuah tonggak yang menarik dalam  upaya kita bersama untuk menjelajahi ruang angkasa untuk mengubah dunia untuk selamanya," kata Virgin Galactic melalui blognya.

'Untuk pertama kalinya, sebuah pesawat ruang angkasa yang dibangun oleh perusahaan kami, The Spaceship Company, dan dioperasikan oleh kami di Virgin Galactic telah  mengudara.'

Uji coba berlangsung di gurun Mojave, California.

Tes untuk pesawat ruang angkasa baru, adalah 'mengangkut penumpang,' di mana pesawat ruang angkasa dengan dua pesawat dinamai WhiteKnightTwo, juga disebut VMS Eve.

'Dalam konfigurasi ini, WhiteKnightTwo berfungsi bagaikan 'terbang melalui terowongan angin," yang memungkinkan metode pengujian aliran udara di sekitar SpaceShipTwo sekaligus menguji bagaimana pesawat ruang angkasa melakukannya bila terkena suhu dingin yang ditemukan di ketinggian maksimum 50.000 kaki dan di atasnya,' kata blog tersebut.

Uji terbang dipimpin oleh empat pilot. Dua pilot berada di SpaceShipTwo dan dua berada di kapal induk.

VSS Unity dikemudikan oleh Mark Stucky dan Dave Mackay, sementara VMS Eve diterbangkan oleh Mike Masucci dan Todd Ericson bersama dengan teknisi penguji pesawat insinyur Wes Persall.

'Dengan penerbangan ini, tim kami sekarang akan menganalisis sebuah gunung data penerbangan, mempelajari apa yang terjadi dan apa yang dapat ditingkatkan untuk tes penerbangan kami berikutnya," kata pihak perusahaan seperti dilansir MailOnline.

VIRGIN Galactic made a comeback this year with the launch of its new craft to take tourists to into space.
   
Two-pilot winged space plane will be able to carry six people per flight on five-minute missions into space.
   
Replaces the craft Virgin lost following 2014's crash when Pilot Michael Alsbury was killed in the accident.
   
New design has added safety features including pin to stop unlocking which caused the fatal crash.

Many thought it was out of the game following 2014's fatal crash.

But Virgin Galactic made a comeback this year with the launch of its new craft to take tourists to into space.

Richard Branson's company has now come one step closer to getting back into the space race after its new SpaceShipTwo craft, called VSS Unity, completed its first test flight recently.

'Today marks an exciting milestone in our shared quest to open space to change the world for good,' Virgin Galactic said in a blog post.

'For the first time, a spaceship built by our manufacturing arm, The Spaceship Company, and operated by us at Virgin Galactic has taken to the skies.'

The tests took place in the Mojave desert, California. 

The test for the new spaceship, was a 'captive carry,' in which the spaceship stayed attached to its carrier WhiteKnightTwo aircraft, also called VMS Eve, for the entire flight.

'In this configuration, WhiteKnightTwo serves as a veritable ‘"flying wind tunnel,"allowing the highest fidelity method of testing airflow around SpaceShipTwo while simultaneously testing how the spaceship performs when exposed to the frigid temperatures found at today’s maximum altitude of 50,000 feet and above,' the post said.

The test flight was led by four test pilots. Two were in SpaceShipTwo and two were on the carrier aircraft.

VSS Unity was piloted by Mark Stucky and Dave Mackay, while VMS Eve was flown by Mike Masucci and Todd Ericson along with flight test engineer Wes Persall.

'With this flight in the books, our team will now analyze a mountain of flight data, learning what worked well and what could be improved for our next flight test,' the company said.

'Only when that analysis is done, along with detailed vehicle inspections, some already-planned work, and potentially more captive carry flights, will we be ready to move into the next phase of test flight.'