Motivasi Penyuluh, OKU Timur Gelar Bimtek Penilaian Kelas Kemampuan Kelompok

Indonesian´s South Sumatera Agricultural Extensionists Support Farmer Groups

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Motivasi Penyuluh, OKU Timur Gelar Bimtek Penilaian Kelas Kemampuan Kelompok
BIMTEK OKU TIMUR: Sekitar 40 penyuluh pertanian dari 20 kecamatan di Kabupaten OKU Timur, Sumsel mengikuti Bimtek ´Penilaian Kelas Poktan´ di BPP Buay Madang Timur selama dua hari, 14 - 15 Oktober 2019 [Foto: istimewa]

OKU Timur, Sumsel [B2B] - Penilaian kelas kemampuan kelompok tani [Poktan] merupakan salah satu bentuk pembinaan penyuluh pertanian lapangan [PPL] untuk memberikan motivasi kepada anggota Poktan agar lebih berprestasi mendukung pencapaian target produktivitas hasil pertanian yang dicanangkan pemerintah pusat dan daerah, sekaligus mengetahui kelemahan-kelemahan Poktan yang mendapat  penilaian sehingga memudahkan langkah-langkah melakukan pembinaan oleh dinas pertanian provinsi/kabupaten/kota didukung kinerja PPL, seperti halnya ditargetkan oleh Pemprov Sumatera Selatan.

"Ada empat tujuan Bimtek penilaian kelas kemampuan kelompok yakni untuk mengetahui keragaman kemampuan kelompok tani; menyediakan bahan perumusan kebijakan dan strategi pemberdayaan petani; mengetahui metodologi dan pemetaan kebutuhan penyuluh pada masing-masing kelas kemampuan kelompok tani," kata Juni SP selaku Kabid Pengembangan SDM Pertanian dan Kelembagaan Petani Pemkab Ogan Komering Ulu Timur [OKU Timur] saat membuka Bimtek, belum lama ini.

Tujuan kelima, kata Juni, menyediakan database Poktan melalui Sistem Informasi Penyuluh Pertanian [SimLuhTan] untuk meningkatkan kinerja PPL dalam melakukan pengawalan dan pendampingan Poktan.

Bimtek digelar oleh Dinas Pertanian OKU Timur di BPP Buay Madang Timur selama dua hari, 14 - 15 Oktober 2019 yang diikuti oleh 40 peserta, mereka merupakan perwakilan dari 20 kecamatan di Kabupaten OKU Timur.

Menurutnya, kelas kemampuan Poktan dibagi dalam empat kelas: Pemula dengan skor 0 - 245; Lanjut [246 - 455]; Madya [456 - 700] dan Utama [701 - 1000]. 

"Diharapkan setelah mengikuti Bimtek maka para penyuluh pertanian akan dapat melakukan penilaian scara serentak terhadap Poktan binaan masing-masing pada Oktober hingga awal November 2019," kata Juni.

Menurutnya, dengan dilakukannya penilaian kemampuan kelas kelompok secara serentak oleh para penyuluh pertanian di kecamatan lingkup Kabupaten OKU Timur diharapkan akan memperoleh data jumlah kelompok yang mengalami peningkatan kelas kelompok, baik kuantitas maupun kualitas yang valid dan akhirnya dapat di-update ke SimLuhTan sebagai Big Data yang diakses oleh semua masyarakat Indonesia yang membutuhkan. [Nurjanah]

East OKU of South Sumatera [B2B] - Indonesian Agriculture Ministry evaluates group farmers across the East OKU of South Sumatera province to increase motivation to members of agricultural groups to achieve higher abilities, as well as knowing its weaknesses so as to facilitate the steps of development, according the senior agriculture extensionist.