BPP Berprestasi, Tim Pusluhtan BPPSDMP `Verval` di Panumbangan, Ciamis

Indonesian Govt Verifies Agricultural Extension Office in West Java Province

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


BPP Berprestasi, Tim Pusluhtan BPPSDMP `Verval` di Panumbangan, Ciamis
VERIFIKASI & VALIDASI: Penyuluh Utama Kementan, Basuki Setiabudi [ke-2 kanan]; Asisten II Bupati Ciamis, H Wasdi [tengah], Camat Panumbangan, Heri Rianto [kiri] dan Kadistan Ciamis, Hj Kustini MP [Foto2: Pusluhtan/Iwan Mularso]

Ciamis, Jawa Barat [B2B] - Dialog, verifikasi dokumen, check and recheck hingga mengunjungi pos penyuluhan desa [Posluhdes] dan Desa Wisata dilakukan seharian di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat oleh Tim Kategori Penilaian Balai Penyuluhan Pertanian [BPP] dari Pusat Pelatihan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP Kementan] pada BPP Panumbangan di Kecamatan Panumbangan, untuk memastikannya layak meraih predikat BPP Berprestasi tingkat Nasional 2019 oleh Kementerian Pertanian RI.

Penghargaan prestise yang bakal melambungkan nama kabupaten, mendorong Asisten II Bupati Ciamis bidang Pembangunan, H Wasdi menyempatkan diri hadir menyambut tim verifikasi dan validasi disingkat Verval dari Pusluhtan BPPSDMP Kementan, yang dipimpin Penyuluh Utama Kementan, Basuki Setiabudi disertai oleh empat staf Pusluhtan BPPSDMP Kementan di Desa Sindangherang, Kecamatan Panumbangan, belum lama ini.


"BPP berperan strategis khususnya BPP Panumbangan bagi Ciamis yang menasbihkan pertanian sebagai ´tulang punggung´ ekonomi rakyat, dan kebijakan pemerintah kabupaten adalah menyelaraskan kebijakan pengembangan industri dengan pertanian," kata Asisten II Bupati Ciamis, H Wasdi dalam sambutannya.

Menurutnya, penyuluhan pertanian berkontribusi besar terhadap pembangunan Ciamis, sehingga pemerintah kabupaten berupaya memperkuat penyelenggaraan penyuluhan pertanian, dengan mendorong sinergitas antara kebijakan dan program pertanian kabupaten dengan provinsi dan pemerintah pusat, sekaligus memperkokoh eksistensi BPP di setiap kecamatan didukung pengembangan pos penyuluhan desa [Posluhdes] di seluruh Ciamis.

Tampak hadir Kepala Dinas Pertanian Pemkab Ciamis, Hj Kustini MP, Camat Panumbangan Heri Rianto; Danramil 1304 Panumbangan, Kapten ARM Darmin, sejumlah kepala desa, pengurus KTNA Ciamis, pengurus Gapoktan, para penyuluh pertanian dan penyuluh swadaya, serta anggota Poktan dan kelompok wanita tani [KWT] setempat.

Tim Penilai BPP Berprestasi berkesempatan mengunjungi Posluhdes di Desa Kertaraharja yang pengelolaannya dikoordinir oleh Gapoktan Kerta Mukti sementara wilayah kerja BPP Panumbangan meliputi 14 desa, dan di tiap desa telah dibentuk Posluhdes.

"Posluhdes Kertaraharja telah terkoneksi jaringan komunikasi Posluhdes disingkat Jarkomposluhdes. Pemprov Jabar melalui dinas pertanian telah memfasilitasi 1.000 Posluhdes dengan sistem komunikasi berbasis internet sehingga seluruh Posluhdes bisa online," kata Hj Kustini MP.

Peran Penting BPP
Kepala Pusluhtan BPPSDMP Kementan, Siti Munifah berulangkali mengingatkan kepada tim Verval untuk memperoleh obyektivitas dalam penetapan BPP berprestasi yang memperoleh penghargaan, menyusun pedoman yang mengatur tata cara dan mekanisme penilaian berprestasi dalam mengelola dan mengembangkan usaha.

Penyuluh Utama Kementan, Basuki Setiabudi mengatakan sektor pertanian berperan penting dan strategis dalam pembangunan nasional, yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap penyediaan pangan, kegiatan utama ekonomi perdesaan sebagaian besar masih tetap mengandalkan bidang pertanian.

"Desa sebagai sentra produksi pertanian lanjutnya tidak terlepas dari peran BPP dalam menggali potensi pertanian di pedesaan sebagai wilayah binaannya. Kementan sedang melakukan penilaian untuk pemberian penghargaan bagi BPP berprestasi sebagai apresiasi dalam pendampingan dan pengawalan program pembangunan pertanian terdepan di kecamatan yaitu BPP," kata Basuki Setiabudi melalui pernyataan tertulis yang disarikan oleh Subbid Informasi dan Materi Penyuluhan, Bidang Penyelenggaraan Penyuluhan - Pusluhtan.

Menurut Basuki Setiabudi, BPP yang dinilai berprestasi adalah yang mampu berperan sebagai unit kerja non struktural dengan wilayah kerja satu atau beberapa kecamatan, merupakan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian Pemerintah terdepan di kecamatan.

"Fungsi dan tugasnya tidak mungkin dikerjakan lembaga lain selain BPP yaitu mengawal program pembangunan pertanian sebagai bagian integral dari pembangunan nasional mempunyai peranan strategis tersebut mewujudkan swasembada pangan, bahan baku industri, mendukung ekspor, penyediaan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani," katanya. [One76]

Ciamis of West Java [B2B] - Indonesian Agriculture Ministry verifies and evaluates of agricultural extension office [BPP] across the country to choose the best BPP as done by Senior Agricultural Extention Worker, Basuki Setiabudi in Ciamis district of West Java province to conduct field verification of the BPP Panumbangan Primadona here, rercently.