Konflik Udara Eropa, Jet Tempur NATO Sergap Sukhoi Rusia di atas Rumania

RAF Typhoons Scramble to Intercept a Russian Plane Flying over NATO Airspace

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Konflik Udara Eropa, Jet Tempur NATO Sergap Sukhoi Rusia di atas Rumania
Foto: Reuters/MailOnline

JET TEMPUR Kerajaan Inggris (RAF) menyergap dan menghalau satu pesawat maritim Rusia di Laut Hitam dalam insiden dirgantara pekan ini, seperti diungkap oleh Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) hari ini.

Jet tempur RAF Taifun segera mengudara dari pangkalan udara Mihail Kogalniceanu di Rumania pada  Kamis (23/8) menyikapi manuver pesawat Be-12 Rusia yang menuju ke barat daya di atas Laut Hitam dekat Crimea.

Angkatan Udara Kerajaan Inggris mengerahkan jet Taifun ke kawasan Negara Baltik dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari misi untuk melindungi wilayah udara NATO di kawasan tersebut.

Dalam insiden sebelumnya pada Selasa, RAF mengerahkan dua Taifun di Rumania untuk membayang-bayangi dua pesawat Rusia Su-30 Flanker yang dicurigai.

Menteri Negara Inggris untuk Angkatan Bersenjata, Mark Lancaster, berbicara tentang "Rusia yang semakin agresif" dalam pidato di London pada Juli.

Dia mengatakan RAF harus mencegat pesawat militer Rusia lebih dari 80 kali selama dekade terakhir.

Pekan lalu RAF mencegat enam pengebom Rusia yang terbang dekat dengan wilayah udara NATO di Laut Hitam dan memaksa mereka untuk kembali.

Taifun Eurofighter diluncurkan Senin pagi dari markas mereka di Rumania setelah pesawat Su-24 Fencer Rusia terlihat, kata RAF.

Dikatakan ada ´aktivitas udara Rusia yang signifikan sepanjang malam´ sampai pesawat itu akhirnya berbalik menuju Crimea.

RAF mengatakan operasi itu sesuai dengan misi NATO yang disebut ´Enhanced Air Policing´ dengan NATO sebagai sekutu Rumania.

Jet tempur RAF membantu ´menghalangi agresi Rusia, meyakinkan sekutu kita di Rumania, dan memastikan sekutu NATO pada komitmen untuk pertahanan kolektif,´ katanya.

Menteri Pertahanan Rumania Mihai Fifor sebelumnya mengatakan ´provokasi´ seperti itu oleh Rusia menjadi ´kerap terjadi´ dalam beberapa bulan terakhir.

Jet-jet tempur RAF mencegat pembom Rusia delapan kali dalam dua tahun terakhir - lima pada 2016 dan tiga pada 2016 - yang menuju wilayah udara Inggris.

Baru-baru ini dua bomber Tupolev Tu-160 Blackjack dicegat oleh Taifun hanya 30 mil dari wilayah udara Inggris.

Empat Taifun RAF dikerahkan di pangkalan udara Mihail Kogalniceanu di Rumania tenggara di mana beberapa ratus tentara AS juga ditempatkan.

Langkah itu adalah bagian dari pertahanan NATO yang memperkuat sisi timurnya menyusul aneksasi Moskow di Krimea pada 2014.

Angkatan Udara AS memiliki empat F-15C Eagles yang berbasis di negara tetangga Bulgaria seperti dikutip Reuters yang dilansir MailOnline.

RAF FIGHTERS jets interrupted the path of a Russian maritime patrol aircraft over the Black Sea in the second such incident this week, the MoD revealed today.

The RAF Typhoons scrambled from Mihail Kogalniceanu air base in Romania on Thursday in response to a Russian Be-12 plane which was heading southwest over the Black Sea from Crimea.

The Royal Air Force has deployed Typhoons to the Baltic States in recent years as part of a mission to protect NATO airspace in the region.

In the previous incident on Tuesday, it scrambled two typhoons in Romania to shadow two suspected Russian Su-30 Flanker aircraft.

Britain´s Minister of State for the Armed Forces, Mark Lancaster, spoke about ´an ever more assertive Russia´ in a speech in London in July.

He said the RAF has had to intercept Russian military aircraft more than 80 times over the last decade.

Last week the RAF intercepted six Russian bombers flying close to NATO airspace over the Black Sea and forced them to turn back.

The Eurofighter Typhoons launched early on Monday from their base in Romania after the Russian Su-24 Fencer planes were spotted, the RAF said.

It said there was ´significant Russian air activity through most of the night´ until the aircraft eventually turned towards Crimea.

The RAF said the operation was in accordance with the NATO Enhanced Air Policing mission with NATO ally Romania.

RAF jets helped ´deter Russian aggression, reassure our friends in Romania, and assure NATO allies of our commitment to collective defence,´ it said.

Romanian Defence Minister Mihai Fifor earlier said such ´provocations´ by Russia became ´frequent´ in recent months.

RAF fighters intercepted Russian bombers eight times in the past two years - five in 2016 and three in 2016 - headed towards British airspace.

Most recently two Tupolev Tu-160 Blackjack bombers were intercepted by Typhoons just 30 miles from British airspace.

Four RAF Typhoons are deployed at the Mihail Kogalniceanu air base in southeast Romania where several hundred U.S. troops are also stationed.

The move was part of NATO´s beefed-up defences on its eastern flank following Moscow´s annexation of Crimea in 2014.

The U.S. Air Force has four F-15C Eagles based in neighbouring Bulgaria.