Operasi London Bridge, Protokol saat Ratu Elizabet II Meninggal

Operation London Bridge, Buckingham Palace’s Code for Queen Elizabeth II’s Death

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Operasi London Bridge, Protokol saat Ratu Elizabet II Meninggal
PROTOKOL ISTANA: Lonceng akan berdentang di Westminster Abbey, St Paul´s Cathedral dan Windsor Castle, dan tembakan salut - satu putaran untuk setiap tahun kehidupan Ratu berusia 96 tahun - akan ditembakkan di Hyde Park dan di stasiun lainnya.

'LONDON BRIDGE IS DOWN' – kode di balik layar Istana Buckingham untuk kematian Ratu Elizabeth II – memicu masa berkabung di mana kehidupan normal di Inggris akan melambat secara dramatis selama sepuluh hari ke depan.

Negara yang kehilangan itu terkejut karena kehilangan satu-satunya raja yang pernah kita kenal. Tetapi Istana dan Ratu sendiri telah bersiap untuk menghadapi momen yang tak terhindarkan ini sejak tahun 1960-an.

Di balik layar, rencana terperinci – Operasi Jembatan London – telah dijalankan. Ini mengantarkan masa berkabung resmi yang akan berdampak pada kehidupan sehari-hari jutaan orang.

Strateginya, sebuah upaya besar di atas panggung yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk perpisahan terakhir dengan Elizabeth II akan secara resmi dijalankan setelah disetujui oleh Raja Charles III.

Detail yang lebih baik dari Operation London Bridge telah berubah dan diperbarui selama bertahun-tahun – tetapi sapuan kuas yang luas tetap konstan, seperti dilansir MailOnline.

Ini dimulai dengan apa yang digambarkan sebagai D-Day, atau hari kematian, meskipun untuk alasan praktis Istana menganggap hari ini adalah D-Day, untuk memungkinkan pengaturan yang rumit dilakukan.

Lonceng akan berdentang di Westminster Abbey, St Paul's Cathedral dan Windsor Castle, dan tembakan salut - satu putaran untuk setiap tahun kehidupan Ratu berusia 96 tahun - akan ditembakkan di Hyde Park dan di stasiun lainnya.

Lampu sorot di kediaman kerajaan akan dimatikan, dan masyarakat akan mulai meninggalkan bunga saat upeti dari seluruh dunia mengalir.

Saat kematian Yang Mulia terjadi di Skotlandia, rencana darurat yang dikenal sebagai Operasi Unicorn telah dipicu. Makhluk mitos adalah hewan nasional Skotlandia.

Dengan raja menghabiskan beberapa bulan dalam setahun di rumah tercinta di Dataran Tinggi, rencana untuk elemen Skotlandia telah diatur untuk beberapa waktu.

Bagian dari pengaturan Jembatan London yang telah lama diadakan, Unicorn menggerakkan acara seremonial tambahan di Edinburgh sebelum logistik membawa Ratu kembali ke London.

Raja Charles dan Permaisurinya menginap di Balmoral tadi malam dan akan kembali ke London hari ini.

Terlepas dari kesedihannya, tugas panggilan untuk penguasa baru dan audiensi pertamanya sebagai raja dengan Perdana Menteri Liz Truss diharapkan terjadi sesegera mungkin.

Charles juga akan bertemu dengan Earl Marshal – Duke of Norfolk – yang bertanggung jawab atas aksesi dan pemakaman Ratu, untuk menyetujui jadwal koreografi yang cermat untuk beberapa hari mendatang.

Ini mungkin termasuk masa berkabung resmi di Pengadilan yang berlangsung selama satu bulan. Berbeda dari berkabung nasional, ini akan diamati oleh anggota Keluarga Kerajaan; Rumah Tangga Kerajaan; Pasukan Rumah Tangga dan perwakilan Yang Mulia di dalam dan luar negeri beserta jajarannya.

Ini melibatkan pemakaian kain hitam atau pita krep di lengan kiri sementara pakaian sipil diharapkan berwarna gelap dengan dasi hitam untuk pria dan gaun hitam untuk wanita.

Kertas catatan bermata hitam akan digunakan di semua Rumah Tangga Kerajaan selama periode ini dan semua bendera Union akan berkibar setengah tiang.

Pemerintah akan mengkonfirmasi lama berkabung nasional, yang kemungkinan akan berlangsung sekitar 12 hingga 13 hari, mulai sekarang hingga sehari setelah pemakaman Ratu. Mereka juga akan mengumumkan bahwa hari pemakaman akan menjadi hari libur umum dalam bentuk Hari Berkabung Nasional.

Bendera persatuan di gedung-gedung kerajaan akan dikibarkan setengah tiang. Royal Standard tidak pernah terbang setengah tiang. Ini mewakili kedaulatan dan Kerajaan Inggris, dan merupakan simbol kelanjutan monarki.

'LONDON BRIDGE IS DOWN' – Buckingham Palace’s behind-the-scenes code for Queen Elizabeth II’s death – triggers a period of mourning in which normal life in the UK will dramatically slow for the next ten days.

The bereft nation is in shock at the loss of the only monarch many of us have ever known. But the Palace and the Queen herself have been preparing for the aftermath of this inevitable moment since the 1960s.

Behind the scenes, the detailed plan – Operation London Bridge – has already been put into action. It ushers in an official period of mourning that will have an effect on daily life for millions.

The strategy, a major undertaking on an unprecedented stage, for the final farewell to Elizabeth II will be formally set in motion once approved by King Charles III.

The finer details of Operation London Bridge have changed and been updated over the years – but the broad brushstrokes have remained constant.

It begins with what is described as D-Day, or day of death, although for practical reasons the Palace has deemed today is D-Day, to allow the complex arrangements to be put in place.

Bells will toll at Westminster Abbey, St Paul’s Cathedral and Windsor Castle, and gun salutes – one round for every year of the 96-year-old Queen’s life – will be fired in Hyde Park and at other stations.

Floodlighting at royal residences will be turned off, and the public will begin to leave flowers as tributes from around the world pour in.

As Her Majesty’s death occurred in Scotland, a contingency plan known as Operation Unicorn has been triggered. The mythical creature is Scotland’s national animal.

With the monarch spending several months a year at her beloved home in the Highlands, the plans for a Scottish element have been organised for some time.

Part of the long-held London Bridge arrangements, Unicorn sets in motion additional ceremonial events in Edinburgh ahead of the logistics of bringing the Queen back to London.

King Charles and his Queen Consort were staying at Balmoral last night and will return to London today.

Despite his grief, duty calls for the new sovereign and his first audience as monarch with Prime Minister Liz Truss is expected to happen as soon as possible.

Charles will also meet the Earl Marshal – the Duke of Norfolk – who is in charge of the accession and the Queen’s funeral, to approve the carefully choreographed schedule for the coming days.

It may include a period of official Court Mourning lasting a month. Different from national mourning, this will be observed by members of the Royal Family; Royal Households; Household Troops and Her Majesty’s representatives at home and abroad and their staffs.

This involves the wearing of black cloth or crepe bands on the left arms while civilian dress is expected to be dark with black ties for men and black dress for women.

Black-edged notepaper will be used in all Royal Households during this period and all Union flags will fly at half-mast.

The Government will confirm the length of national mourning, which is likely to be around 12 to 13 days, from now up until the day after the Queen’s funeral. They will also announce that the funeral day will be a public holiday in the form of a Day of National Mourning.

Union flags on royal buildings will fly at half-mast. The Royal Standard never flies half-mast. It represents the sovereign and the United Kingdom, and is a symbol of the continuation of the monarchy.