Range Rover Evoque Tiruan di China Dinamai LandWind X7

Fury as China Unveils Copy of Range Rover Evoque

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Range Rover Evoque Tiruan di China Dinamai LandWind X7
Mobil tiruan buatan China dinamai LandWin X7 (atas) dan mobil Range Ranger Evoque yang ditiru dengan perbedaan harga tiga kali lipat (Foto2: MailOnline)

DILIHAT sepintas, mobil yang baru diiumumkan pada motor show tampak bagaikan model terbaru dari Range Rover Evoque.

Dengan bentuk bodi mobil yang khas, lampu dan radiator grill dan logo perak di tepi depan kap mesin, keduanya mirip sekali sebagai mobil buatan Inggris yang sangat laris.

Namun siapa sangka, mobil itu adalah tiruan dari mobil paling populer di Inggris dirancang sebagai 'baby' off-roader - dan perbedaan paling mencolok pada harganya.

Sedikit diketahui bahwa LandWind produsen mobil Cina meluncurkan mobil tipe X7 seharga 14 ribu poundsterling (Rp280 jutaan) di Guangzhou motor show di Cina pekan lalu.

Padahal mobil asli yang ditiru oleh produsen otomotif China itu harganya 40 ribu poundsterling (Rp800 jutaan) tentu saja mobil tiruan itu membuat gusar Jaguar Land Rover, yang bakal mengajukan gugatan hukum untuk melindungi legalitas produk mobilnya di pasaran, seperti dilansir MailOnline.

Pabrikan otomotif dari Inggris ini baru saja membuka pabrik mobil pertama di China dengan menggandeng perusahaan lokal, Chery.

Kepala eksekutif Jaguar Land Rover Dr Ralf Speth kepada majalah Autocar: "Fakta bahwa mobil tiruan yang berlangsung di Cina sangat mengecewakan. Kekayaan intelektual dimiliki oleh Jaguar Land Rover dan jika Anda melanggarnya maka Anda melanggar peraturan internasional."

Tapi penikmat otomotif yang mencari mobil modis dengan harga murah mungkin sebaiknya menunggu hasil inspeksi keselamatan.

Sebelumnya Landwind CV9 yang dipasarkan di Eropa mendapat peringkat rendah dari lima tes kecelakaan di Eropa pada 2010.

Harga tidak pernah bohong!

AT FIRST glance, the new car unveiled at a motor show appeared to be an updated model of the Range Rover Evoque.

With its signature body shape, lights and radiator grill and silver logo across the front edge of its bonnet, it was the spitting image of the British bestseller.

But in fact, it was a brazen copy of the hugely popular UK-designed ‘baby’ off-roader – and a fraction of the price.

Little-known Chinese carmaker LandWind launched its £14,000 X7 at the Guangzhou motor show in China last week.

Its uncanny similarity to the £40,000-plus Evoque’s distinctive design provoked an angry response from Jaguar Land Rover, which may take legal action to protect its brand.

The British manufacturer has just opened its first car factory in China in a venture with local firm Chery.

Jaguar Land Rover chief executive Dr Ralf Speth told Autocar magazine: ‘The fact that this kind of copying is ongoing in China is very disappointing. The intellectual property (IP) is owned by Jaguar Land Rover and if you break that IP then you are in breach of international regulations.’

But drivers looking for a fashionable car at a bargain price might want to wait for safety inspection results.

LandWind’s earlier CV9 people-carrier scored just two stars out of five in European crash tests in 2010.