Polisi Sri Langka Buru Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja St Sebastian

Hunt for the ISIS `Handler´ of Sri Lanka Easter Bombers

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Polisi Sri Langka Buru Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja St Sebastian
Foto2: MailOnline

POLISI Sri Langka sedang memburu seorang pria dengan kaus merah yang dicurigai sebagai pelaku bom bunuh diri di gereja, kata sumber di kepolisian.

Rekaman kamera pengintai CCTV yang diperoleh MailOnline menunjukkan pria itu tampaknya bertindak sebagai pengintai dari teroris yang menyerang Gereja St Sebastian, dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Penyelidik menganalisis rekaman itu, berharap itu akan membantu mereka membasmi sel radikal Islam yang meluas yang tetap menjadi ancaman di Sri Langka.

Rekaman itu menunjukkan pelaku pemboman keluar gereja sementara orang yang dicurigai sebagai pelaku bom bunuh diri mengawasi dari balik pilar, mengirim dan menerima pesan di teleponnya.

Pembom terlihat mengenakan ransel berisi bahan peledak dan dengan gugup memeriksa teleponnya untuk mengetahui instruksi baru.

Pelaku bom bunuh diri terlihat di CCTV berhenti sebentar dan menepuk kepala seorang gadis muda.

Dia juga memeriksa arlojinya sebelum memasuki gereja untuk melihat apakah tepat waktu untuk melaksanakan niatnya seperti dilansir MailOnline.

SRI LANKAN police are hunting a man in a distinctive red T-shirt who is suspected of being the Easter Sunday bombers´ handler, police sources have revealed. 

CCTV footage obtained by MailOnline shows the man apparently acting as a lookout for the terrorist who attacked St Sebastian´s Church, killing more than 100. 

Investigators are analysing the footage, hoping that it will help them root out the extensive Islamist cell that remains a threat on the island. 

The recording shows the bomber scouting out the church while the alleged handler watches from behind a pillar, sending and receiving messages on his phone. 

The bomber is seen wearing the backpack containing the explosives and nervously checking his phone for new instructions. 

The suicide bomber was seen on CCTV stopping briefly and patting a young girl on the head. 

He also checks his watch before entering the church to see if he was on time.