Google Kelak Gunakan Tubuh dan Tangan sebagai `Keyboard`

Google Plans to Turn Your Body into a Keyboard

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Google Kelak Gunakan Tubuh dan Tangan sebagai `Keyboard`
Misalnya, nomor-nomor pada ponsel dengan memanfaatkan jari telunjuk, sementara untuk simbol ditugaskan ke jari tengah (Sketsa2: MailOnline)

BANYAK PENGGUNA ponsel berupaya memanfaatkan smartphone-nya semaksimal mungkin dengan kedua tangan mereka, sehingga tekad Google mewujudkan  hak paten yang dimilikinya hanya soal waktu.

Ini rincian headset yang memanfaatkan keyboard virtual interaktif langsung ke telapak tangan pengguna ponsel kelak.

Sebuah kamera di headset kemudian melacak gerakan jari untuk mengetahui tombol yang ditekan sebelum meneruskan perintah tersebut melalui aplikasi, situs web atau perangkat digital lainnya.

Hak paten ini diajukan Google pada Juni 2012 dan diungkap awal pekan ini, seperti dilansir MailOnline.

Sketsa dari hak paten yang diduga milik Google mengandalkan kacamata Google dan fitur tambahan dapat ditambahkan ke versi masa depan.

Hak paten tersebut menerangkan: "Aplikasi ini mengungkapkan sistem dan metode untuk perangkat input virtual."

"Sebagai contoh, perangkat input maya termasuk proyektor dan kamera."

'Proyektor memproyeksikan pola ke permukaan [dan] kamera menangkap gambar yang dapat diinterpretasikan oleh prosesor untuk menentukan tindakan."

"Proyektor dapat dipasang pada pegangan dari sepasang kacamata dan kamera dapat dipasang pada lengan yang terkoneksi dengan kacamata."

Dalam contoh lain, kamera bisa mendeteksi ketika tangan bergerak dan menafsirkan dan mengirim gerakan-gerakan ini dengan headset atau ponsel yang terhubung untuk merekam gerakan, misalnya.

Selain keyboard virtual, penggunanya dapat menonton video di telapak tangan mereka daripada harus memegang perangkat di depan mereka.

Paten ini mirip dengan yang dimiliki Samsung yang diajukan pada 2013, dan diberikan pada Maret tahun lalu.

Dalam paten yang diajukan perusahaan Korea, pengguna memakai kamera - sementara Google menerapkannya pada kacamata Google Glass dan Samsung menamainya Galaxy Glass - akan dapat melihat perangkat virtual di tangan mereka, yang akan dipetakan menggunakan keyboard virtual.

Misalnya, nomor-nomor pada ponsel dengan memanfaatkan jari telunjuk, sementara untuk simbol  ditugaskan ke jari tengah.

Atau, huruf bisa diplot di berbagai titik di jari-jari dan telapak tangan dari atas ke bawah.

Pengguna kemudian akan menggunakan ibu jari mereka untuk 'tekan' berbagai tombol pada kedua tangan.

Kamera akan menangkap gerakan jempol, atau mengidentifikasi kekuatan ditekan ke masing-masing jari untuk membangun kunci yang telah ditekan dan ketik pesan yang sesuai.

MANY PEOPLE use their phones so much they have almost become an extension of their hands, so Google's latest patent was only a matter of time.

It details a headset that beams an interactive virtual keyboard directly onto a person's palm.

A camera in the headset then tracks the movement of the fingers to know which keys are being pressed before feeding this information to an app, website or other tool.

It was filed in June 2012 and awarded earlier this week.

The patent drawings resemble Google's much-maligned Glass headset and the feature could be added to a future version of the wearable.

As the patent explained: 'The present application discloses systems and methods for a virtual input device.'

'In one example, the virtual input device includes a projector and a camera.

'The projector projects a pattern onto a surface [and] the camera captures images that can be interpreted by a processor to determine actions.

'The projector may be mounted on an arm of a pair of eyeglasses and the camera may be mounted on an opposite arm of the eyeglasses.'

In another example, the camera could detect when the hand is moving and interpret and send these movements to the headset or connected phone to record gestures, for example.

In addition to a virtual keyboard, people could watch videos on the palm of their hand rather than having to hold a device in front of them.

The patent is similar to one Samsung filed in 2013, and awarded in March last year.

In the Korean firm's filing, a person wearing a camera - on a Google Glass-style device dubbed Galaxy Glass - would be able to look down at their hands, which would be mapped using a virtual keyboard.

For example, numbers could be assigned to a forefinger, while symbols could be assigned to a middle finger.

Alternatively, letters could be plotted at various points across the fingers and palm from top to bottom.

Users would then use their thumb to 'press' the various keys on both hands.

The camera would capture the movement of the thumb, or identify the force pressed onto each finger to establish which key had been pressed and type the message accordingly.