Jaga Marwah, Plt Mentan: "Yang Tidak Punya Integritas Kita akan Selesaikan"

Acting Indonesian Minister of Agriculture will Restore the Ministry`s Reputation

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Jaga Marwah, Plt Mentan: "Yang Tidak Punya Integritas Kita akan Selesaikan"
PAKTA INTEGRITAS: PAKTA INTEGRITAS: Plt Mentan Arief Prasetyo Adi menginstruksikan pada para pejabat Kementan segera mempersiapkan Program Quick Wins dalam tiga bulan ke depan.

Jakarta [B2B] - Pelaksana Tugas [Plt] Menteri Pertanian RI Arief Prasetyo Adi menginstruksikan jajarannya di Kementerian Pertanian RI untuk mengembalikan dan menjaga marwah dan reputasi Kementan sebagai institusi penting yang bermartabat, terutama dalam mengurusi pangan rakyat.

"Saya mau buat baru supaya Kementan ini kembali pada marwahnya. Tidak boleh terlalu lama terpuruk, karena ini urusannya dengan pangan 270 juta rakyat Indonesia. Sudah tidak ada main-main lagi. Yang melanggar. Yang tidak punya integritas, kita akan selesaikan," katanya kepada pers di Jakarta, Senin [9/10].

Plt Mentan menginstruksikan para pejabat di Kementan segera mempersiapkan program Quick Wins dalam waktu tiga bulan ke depan. Langkah ini perlu dilakukan, untuk mengembalikan marwah Kementan sebagai institusi bermartabat.

"Saya minta Quick Wins tiga bulan ke depan. Dalam dua hari terakhir ini, saya minta beliau-beliau ini [pejabat Kementan) untuk mempersiapkannya. Kami sekarang ini sedang konsolidasi untuk mengembalikan Kementan yang bermartabat dan keren," kata Plt Mentan Arief.

Langkah penting lain, kata Mentan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat Pakta Integritas sebagai bukti nyata kinerja yang lebih baik lagi. Bagaimanapun juga, Kementan harus bangkit dari keterpurukan dan mulai bekerja untuk kebutuhan pangan rakyat.

"Sudah tidak ada main-main lagi. Yang melanggar. Yang tidak punya integritas kita akan selesaikan. Yang kedua, saya akan menemui Presiden Jokowi. Saya akan tunjuk Plt untuk Sekjen [Sekretaris Jenderal]," katanya.

Menurutnya, hari Rabu [11/10] atau Kamis [12/10] pihaknya akan meminta para pejabat menandatangani Pakta Integritas. Tujuannya, agar Kementan kembali pada marwahnya sebagai institusi penting dan bermartabat.

Mentan Arief mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan Musim Tanam I yang akan berlangsung pada November dan Desember 2023. Hal penting lain, pemerintah juga akan memastikan ketersediaan pupuk pada lebih dari 2.600 outlet.

"Nomor satu adalah pupuk. Jadi sekarang lagi saya detailkan soal pupuk pada lebih 26.000 outlet harus tersedia. Saya akan kontrol semuanya. Harus ada pupuk, baik komersial maupun subsidi," katanya.

Mentan Arief memastikan proses koordinasi dan konsolidasi antar lembaga dilakukan secara masif untuk memudahkan berbagai aspek yang berkaitan dengan sisi produksi, termasuk koordinasi dengan Pelindo untuk mempercepat bongkar muat pangan yang akan didistribusikan.

"Saya sudah telpon Dirut Pelindo untuk menyiapkan ekstra waktu bongkar muat kapal secepatnya mulai dari atas, bawah sampai ke Indonesia bagian timur," katanya.

Jakarta [B2B] - Acting Indonesian Minister of Agriculture Arief Prasetyo Adi asked his officials to restore and maintain the reputation of the ministry as a dignified institution in Indonesia, especially to meet the food needs of all the people.

"I want to create a new one so that the ministry can return to its reputation. No more playing around. Those who violate. Those who don´t have integrity, I will immediately deal with them," he told the press here on Monday.

He instructed ministry officials to immediately prepare the Quick Wins program, within the next three months. This step needs to be taken to restore the reputation of the ministry as the dignified institution.