#Bekerja di Nganjuk, Ditjen PHK Serahkan Bantuan Ayam untuk 569 RTMP

Indonesian Govt Allocates Millions of Chickens for Poor Households

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


#Bekerja di Nganjuk, Ditjen PHK Serahkan Bantuan Ayam untuk 569 RTMP
ANTUSIAS: Warga Nganjuk antusias menerima bantuan pemerintah [inset kanan] dan Direktur Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Sugiono [kemeja merah] beserta tim Ditjen PKH [Foto: Humas]

Nganjuk, Jatim [B2B] - Sedikitnya 569 rumah tangga miskin pertanian [RTMP] terverifikasi pada 54 desa di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur mendapat bantuan 50 ekor ayam berikut kandang serta 150 kg pakan dan obat-obatan untuk tiap RTMP melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera [#Bekerja], yang diserahkan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan [PKH] I Ketut Diarmita diwakili Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen PKH, Sugiono disaksikan Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat di Desa Ngumpul, Kecamatan Bagor, belum lama ini.

“Ini modal 50 ekor ayam yang bisa berkembang jadi 500, 1000 dan seterusnya bila dirawat dengan baik," kata Sugiono kepada Sutikno dan Darman mewakili warga RTMP di Nganjuk penerima bantuan #Bekerja dari Kementerian Pertanian RI.

Sugiono menegaskan bahwa ayam yang dibagikan adalah ayam sehat, telah divaksin dari risiko penyakit berbahaya asalkan rajin membersihkan kandang ayam. Program nasional #Bekerja juga dikawal TP4D wilayah setempat serta tim pakar untuk memastikan program tersebut berjalan lancar sesuai peraturan yang berlaku.

“Mari kita menjadi pengawas untuk mengawasi setiap gerak program bantuan ini. Jangan coba-coba mengambil hak para RTMP," katanya.

Bibit Samad Riyanto, mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] sebagai anggota Tim Pakar #Bekerja menambahkan seluruh tim yang terlibat mendukung #Bekerja patuh pada peraturan dan tidak pernah mengambil/menerima yang bukan haknya.

Bupati Novi Rahman Hidayat menyampaikan Program #Bekerja untuk mendukung pengentasan kemiskinan di Indonesia termasuk Kabupaten Nganjuk, seraya menjanjikan bantuan sapi tahun depan kepada RTPM penerima bantuan #Bekerja terbukti berhasil mengembangkan ternak ayamnya.

“Bantuan ini hasil kerjasama pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Tidak semua daerah mendapatkan bantuan, tolong jangan disalahgunakan. Saya akan cek satu persatu tahun depan, yang berhasil dari program ini akan mendapat bantuan sapi," tegas Novi.

Kepala Pusat Veteriner Farma, Agung Suganda selaku Penanggung Jawab Program #Bekerja Kabupaten Nganjuk menyampaikan desa Ngumpul dipilih karena pembuatan kandang pada RTMP di desa tersebut telah mencapai 100% sehingga siap menerima bantuan ayam, pakan dan obat-obatan. Selanjutnya, setiap hari Kementan akan terus mendistribusikan bantuan ke tiap desa sesuai daftar RTMP yang telah siap kandangnya.

“Satu hari satu desa selesai sampai 54 desa lainnya sehingga harapan kami ke depan terpenuhinya protein hewani masyarakat di Nganjuk” jelas Agung.

Sementara itu, Sutikno penerima Program Bekerja terlihat sangat terharu dan bahagia saat menerima bantuan, ”Alhamdulillah saya dapat bantuan ini, mau saya pelihara baik-baik."

Hal senada disampaikan Darman juga dengan raut muka senang saat ditanya bagaimana rasanya menerima bantuan dari pemerintah “ Alhamdulillah, saya akan pelihara sampai besar hingga bertelur, sebagian telur yang dihasilkan dapat dimakan keluarga.”

Nganjuk of East Java [B2B] - More than thousands chickens were distributed by Indonesian Agriculture Ministry to 569 poor households ]RTMP] in Nganjuk district of West Java province as part of social assistance for 200 thousand RTM in 807 villages of 22 districts in 10 provinces targeted by poverty alleviation programs or the #Bekerja.