Pimpin Upacara HUT ke-77 RI, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Buton

President Jokowi Wears Butonese Traditional Dress during the 77th RI Anniversary Ceremony

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pimpin Upacara HUT ke-77 RI, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Buton
HUT 77 RI: Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers dengan mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. [Foto: Setkab RI]

Jakarta [B2B] - Presiden RI Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu [17/8].

Pada upacara tahun ini, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. 

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah [DPD] RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.

Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

Sebagai informasi, dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, undangan dapat hadir langsung di Istana Merdeka.

“Penyelenggaraan ini tentu saja atas arahan Presiden dan Ibu Negara karena beliau sangat memperhatikan dan melihat animo, keinginan, dan harapan masyarakat dan juga kerinduan masyarakat untuk dapat hadir secara langsung di Istana Merdeka,” ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Walaupun diselenggarakan secara tatap muka, upacara tetap berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh sekitar 4.500 undangan.

“Kami tidak membuka 100 persen, kami masih berada di angka 60 persen dengan kaidah-kaidah protokol kesehatan yang ketat. Jadi kita masih bertahap, sekarang sampai di 60 persen, kurang lebih di angka 4.500 [undangan],” kata Yusuf.

Untuk itu, lanjut Yusuf, Istana kemudian memfasilitasi para undangan yang tidak dapat hadir secara langsung, dengan membuka kegiatan upacara virtual.

“Upacara virtual ini dapat dihadiri sampai dengan 77 ribu masyarakat dari Sabang-Merauke, termasuk diaspora yang berada di luar negeri,” imbuhnya.

Jakarta [B2B] - Indonesian President Joko Widodo leads the Commemoration Ceremony of the Seconds of the Proclamation of Independence of the Republic of Indonesia at the Merdeka Palace Courtyard, Jakarta, Wednesday [17/8].

At this year's ceremony, President Jokowi accompanied by First Lady Iriana Joko Widodo wore traditional Dolomani clothing from Buton, Southeast Sulawesi Province.

“This is a shirt from Buton, Southeast Sulawesi. This is Dolomani's shirt from Buton," said President Jokowi in response to reporters' questions at the Merdeka Palace, Jakarta, some time before the ceremony began.

Before the ceremony begins, a cultural carnival is held which is a procession to carry a duplicate of the red and white heirloom flag and the text of the proclamation from the storage area in the Independence Room in the Monas Cup to the Merdeka Palace.

The ceremony began with 17teen cannon fires, followed by the sound of sirens for a minute.