Indonesia - Timor Leste Perkuat Kerjasama Ekonomi

Indonesia - Timor Leste Strengthen Economic Cooperation

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Indonesia - Timor Leste Perkuat Kerjasama Ekonomi
PERKUAT KERJASAMA; Presiden Joko Widodo bersama Presiden Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor. (Foto: Setkab)

Bogor, Jabar [B2B] - Indonesia dan Timor Leste perkuat kerjasama ekonomi bilateral. Hal itu dinyatakan dalam pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa [19/7].

Dalam pertemuan tersebut, komitmen penguatan kerjasama ekonomi antara kedua negara menjadi fokus pembahasan.

Presiden Jokowi menyampaikan lima poin yang menjadi pembahasan antara kedua negara. Pertama, kedua negara sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

“Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan selepas pertemuan bilateral.

Kedua, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos-Horta juga bersepakat untuk memperkuat konektivitas, baik di darat maupun di laut. Untuk jalur darat, Presiden Jokowi berharap peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan. “Untuk konektivitas laut, saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin,” imbuhnya.

Ketiga, kedua pemimpin juga bersepakat untuk memperkuat pembangunan perbatasan. Presiden Jokowi berharap pembangunan Pos Lintas Batas Negara [PLBN] Napan dapat selesai pada tahun ini. “Saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali,” lanjutnya.

Keempat, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur.

Kelima, Presiden Jokowi mendorong kedua negara dapat segera menyelesaikan bilateral investment treaty. Menurutnya, nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai USD818 juta, terutama di sektor perbankan, migas, dan telekomunikasi.

“Selain kerja sama ekonomi, kita juga membahas isu terkait penyelesaian negosiasi perbatasan dan saya menekankan pentingnya kedua negara untuk segera menyelesaikan dua segmen perbatasan darat yang tersisa yaitu segmen Noel Besi, Citrana dan segmen Bidjael Sunan Oben,” tandasnya.

Bogor, West Java [B2B] - Indonesia and Timor Leste strengthen bilateral economic cooperation. This was stated during a meeting between Indonesian President Joko Widodo and the Democratic President of Timor Leste, José Ramos-Horta at the Bogor Presidential Palace, West Java, on Tuesday [19/7].

During the meeting, the commitment to strengthening economic cooperation between the two countries became the focus of discussion.

President Jokowi conveyed five points that were discussed between the two countries. First, the two countries agreed to continue to increase trade between the two countries.

"By looking at the trend in the development of trade relations that continues to be positive, I believe that trade between the two countries can continue to be increased," President Jokowi said when giving a statement after the bilateral meeting.