Usai KTT G20, Presiden Jokowi Blusukan ke Pasar Badung

After the G20 Summit, President Jokowi went to Badung Market

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Novita Cahyadi


Usai KTT G20, Presiden Jokowi Blusukan ke Pasar Badung
BLUSUKAN: Presiden RI Joko Widodo saat memberikan keterangan pers usai meninjau harga-harga pangan di Pasar Badung, Bali. (Foto: Setkab RI)

Badung, Bali [B2B] - Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Pasar Badung, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Kamis untuk meninjau harga dan ketersediaan bahan pangan di pasar. 

Usai meninjau, Jokowi mengatakan bahwa peninjauan tersebut dilakukan guna melihat secara langsung kondisi di pasar, sehingga kebijakan yang diambil oleh pemerintah dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Pagi hari ini setelah acara G20, saya ke Pasar Badung. Seperti biasanya saya ingin melihat harga-harga barang, kemudian inflasi yang itu penting dalam hal kita membuat policy dari keadaan-keadaan yang ada di pasar,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, pengecekan harga barang di pasar rutin dilakukan Jokowi ketika melakukan kunjungan ke daerah. Menurut Presiden, saat di pasar, ia dapat berdialog secara langsung dan mendengar kondisi harga di pasaran dari para pedagang yang ditemui.

“Saya berdialog langsung dengan pedagang, saya mendengar secara langsung [kondisi harga barang di pasar] dari para pedagang. Kondisinya seperti apa, tantangannya apa, termasuk efek dari terjadinya inflasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa kunjungan secara langsung ke pasar membuat pemerintah lebih memahami kondisi yang dihadapi oleh masyarakat.

“Dengan mengunjungi pasar seperti ini, saya lebih memahami apa yang sedang dihadapi oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kunjungan kali ini, tampak jurnalis dari berbagai negara yang meliput Konferensi Tingkat Tinggi [KTT] G20 di Bali. Jokowi pun menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan para jurnalis dalam KTT tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh media yang telah meliput acara G20,” ucap Presiden.

Badung of Bali [B2B] - Indonesian President Joko Widodo visited Badung Market, Badung Regency, Bali Province, on Thursday to review prices and availability of food ingredients in the market.

After the review, Jokowi said that the review was carried out in order to see directly the conditions in the market, so that the policies taken by the government could adjust to the existing conditions.

"This morning after the G20 event, I went to Pasar Badung. As usual, I want to look at the prices of goods, then inflation, which is important in terms of us making policies based on the conditions in the market," said Jokowi.

Jokowi explained that Jokowi routinely checks the prices of goods in the market when visiting the regions. According to the President, while at the market, he can have direct dialogue and hear market price conditions from the traders he meets.