Hitung Cepat, Media Asing sebut Prabowo Subianto Menangkan Pilpres 2024

Indonesia`s Prabowo Set for Sweeping Presidential Win

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Hitung Cepat, Media Asing sebut Prabowo Subianto Menangkan Pilpres 2024
PILPRES 2024: Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka mengumumkan kemenangannya, Rabu malam [14/2] setelah penghitungan cepat dari lembaga survei mengindikasikan menang Pilpres dengan suara mayoritas [Foto: AFP/MailOnline]

MEDIA asing menyoroti Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, pada Kamis [14/2] yang akan menjadi presiden kedelapan baru di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, dan berpeluang besar akan menang Pemilihan Presiden 2024 [Pilpres] dalam satu putaran melawan kedua pesaingnya.

Prabowo Subianto, mengumumkan kemenangannya pada Rabu malam setelah penghitungan awal dari lembaga survei yang diakui pemerintah – yang sebelumnya terbukti dapat diandalkan – mengindikasikan bahwa Prabowo akan memenangkan Pilpres dengan suara mayoritas pada Pilpres yang dia ikuti untuk ketiga kalinya.

Penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum [KPU] diumumkan 20 Maret mendatang, namun hasil Hitung Cepat [Quick Count] juga menunjukkan bahwa jenderal purnawirawan berusia 72 tahun itu terpilih sebagai presiden dengan perolehan 56,39 persen dengan 42,5 persen suara yang dihitung, lebih dari dua kali lipat pesaing terdekatnya.

“Kemenangan ini harus menjadi kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo di hadapan massa yang berkumpul di Istora Senayan, Jakarta pada Rabu malam.

Prabowo mengatakan akan membentuk pemerintahan yang “terdiri dari putra-putri terbaik Indonesia” seperti dikutip AFP yang dilansir MailOnline.

Sebagai reaksi terhadap kemenangannya, bursa saham di negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara melonjak hampir dua persen, merespons janji Prabowo Subianto untuk terus melanjutkan perekonomian di negara kepulauan yang kaya sumber daya alam tersebut.

Para pendukungnya menari di luar kediamannya di Jakarta setelah jajak pendapat awal [Quick Count] menunjukkan kemenangannya.

Penghitungan cepat yang dilakukan oleh kelompok pemungutan suara yang disetujui pemerintah juga telah digunakan untuk mengklaim kemenangan dalam pemilu sebelumnya.

Prabowo kalah dalam dua pemilu presiden sebelumnya dari pemimpin populer Joko Widodo.

Namun Prabowo kini tampaknya berada di titik puncak untuk menggantikan mantan saingannya, Jokowi, yang menurut para pengamat telah secara tidak adil mendukung kampanye Menteri Pertahanan.

Lawan politiknya, Anies Baswedan, yang difavoritkan untuk melawan Prabowo jika terjadi pemilihan putaran kedua, mengatakan bahwa dia akan menghormati hasil pemilu hanya jika sudah final.

“Kita harus menghormati keputusan rakyat,” katanya kepada wartawan di markas kampanyenya setelah saingannya mengklaim kemenangan.

Juru bicara Ganjar Pranowo, yang menempati posisi ketiga dalam jajak pendapat, mengatakan kepada wartawan bahwa timnya telah menemukan kecurangan pemilu yang "terstruktur, sistematis, dan masif" tanpa memberikan bukti.

Namun para analis mengatakan kemenangan Prabowo hampir pasti.

“Semuanya sudah berakhir bagi Anies dan Ganjar,” kata Adrian Vickers, profesor di Universitas Sydney.

INDONESIAN Defence Minister Prabowo Subianto on Thursday looked set to become the new president of the world´s third-largest democracy, likely avoiding a runoff vote against election rivals who have yet to concede.

The ex-general declared victory Wednesday evening after preliminary counts from government-approved pollsters -- previously shown to be reliable -- indicated he would win high office with a majority in his third attempt.

The slower, official count by the archipelago´s election commission also showed the 72-year-old on course for the presidency at 56.39 percent with 42.5 percent of votes counted, more than double his nearest rival.

"This victory should be a victory for all Indonesians," Prabowo told a rapturous crowd in the capital Jakarta on Wednesday evening.

He said he would assemble a government "consisting of the best sons and daughters of Indonesia".

In reaction to his victory, markets in Southeast Asia´s biggest economy jumped by nearly two percent, energised by Prabowo´s vows of continuity in the resource-rich archipelago.

His supporters danced outside his Jakarta residence after the preliminary polls showed him winning.

The government-approved polling groups´ "quick counts" have also been used to claim victory in previous elections.

Prabowo lost the previous two presidential polls to popular outgoing leader Joko Widodo

But he now appears on the cusp of succeeding his former rival, who observers say has unfairly backed his defence chief´s campaign.

Fellow candidate Anies Baswedan, who had been the favourite to battle Prabowo in the event of a runoff, said he would respect the result only when it was finalised.

"We have to respect the people´s decision," he told reporters at his campaign headquarters after his rival claimed victory.

A spokesperson for Ganjar Pranowo, polling third, told reporters his team had discovered "structured, systematic and massive" electoral fraud, without providing evidence.

But analysts said a Prabowo win was almost assured.

"It´s all over for Anies and Ganjar," said Adrian Vickers, a professor at the University of Sydney.