Presiden Jokowi Dorong Pemerataan Pembangunan Papua melalui Pemekaran Wilayah

Indonesian Govt Encourages Equitable Development in Papua through Regional Expansion

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Presiden Jokowi Dorong Pemerataan Pembangunan Papua melalui Pemekaran Wilayah
PEMERATAAN PEMBANGUNAN: Presiden Joko Widodo saat menjawab pertanyaan-pertanyaan wartawan di di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. (Foto: Setkab RI)

Jayapura, Papua [B2B] - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemekaran wilayah di tanah Papua merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pemerataan pembangunan. 

Selain itu, dengan adanya tiga daerah otonomi baru, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan, sehingga akan mempermudah jangkauan pelayanan di tanah Papua yang luas.

"Ini dalam rangka pemerataan pembangunan karena memang tanah Papua ini terlalu luas kalau hanya dua provinsi, terlalu luas. Untuk memudahkan jangkauan pelayanan, itulah dibangun daerah-daerah otonomi baru," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada Rabu [31/8].

Dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan pemekaran wilayah di Papua merupakan aspirasi yang berasal dari masyarakat Papua sendiri. Aspirasi tersebut telah ada sejak beberapa tahun lalu dan berasal dari berbagai kelompok masyarakat di berbagai wilayah.

"Ini kita kan, saya sendiri mendengar, pemerintah itu mendengar permintaan-permintaan dari bawah. Saya ke Merauke, minta. Saya ke Pegunungan Tengah, kelompok-kelompok datang ke saya minta itu dan sudah 7 tahun yang lalu, 6 tahun yang lalu, 5 tahun yang lalu dan kita tindak lanjuti dengan pelan-pelan. Ini permintaan dari bawah, dari kelompok-kelompok yang ada di sini," jelasnya.

Terkait masih adanya pro dan kontra terkait pemekaran wilayah tersebut, Presiden menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan sebuah bentuk demokrasi.

"Sekali lagi, itu adalah permintaan dari bawah, bahwa ada pro dan kontra itu namanya demokrasi," tandasnya.

Jayapura of Papua [B2B] - President Joko Widodo emphasized that the division of territory in Papua is one of the efforts to create equitable development.

In addition, the existence of three new autonomous regions, namely South Papua Province, Central Papua Province, and Papua Mountains Province, will facilitate the reach of services in the vast land of Papua.

"This is in the context of equitable development because the land of Papua is too wide if there are only two provinces, too wide. To facilitate the reach of services, new autonomous regions have been built," Jokowi said when giving a statement at the Lukas Enembe Stadium, Jayapura Regency, on Wednesday. [31/8].

Quoted from the Press, Media and Information Bureau of the Presidential Secretariat, Jokowi said the expansion of the region in Papua was an aspiration that came from the Papuan people themselves. These aspirations have existed for several years and come from various community groups in various regions.