Cek Stok Pangan, Presiden Jokowi Kunjungi Gudang Bulog di Merangin

President Jokowi Checks Food Stock at Bulog Warehouse in Merangin

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Novita Cahyadi


Cek Stok Pangan, Presiden Jokowi Kunjungi Gudang Bulog di Merangin
CEK STOK PANGAN: Presiden Jokowi meninjau ketersediaan beras sekaligus menyerahkan bantuan pangan di Kompleks Pergudangan Bulog Pematang Kandis, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. (Foto: Setkab RI)

Merangin, Jambi [B2B] - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung ketersediaan beras yang ada di Kompleks Pergudangan Bulog Pematang Kandis, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Rabu (3/4). 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat penerima manfaat.

"Bapak, Ibu sudah terima semuanya yang 10 kilo? Saya tadi mendapatkan catatan, ada yang sudah tiga kali, tapi ada juga yang baru sekali, betul?" ucap Jokowi dalam dialognya dengan masyarakat penerima manfaat.

Jokowi mengatakan bahwa bantuan pangan tersebut akan berlanjut hingga bulan Juni mendatang. Namun, keberlanjutan bantuan setelah bulan Juni akan tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Nanti kita lihat lagi kalau anggaran APBN mencukupi akan dilanjutkan di Juli, Agustus, September Oktober, November, Desember. Saya tidak janji, tapi nanti kalau kita buka lagi APBN-nya ada akan kita teruskan sampai Desember,” ujar Jokowi.

Salah seorang warga, Sarah, berharap bantuan pangan tersebut dapat terus dilanjutkan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah sangat terbantu sekali untuk bulan Ramadan ini, karena (harga) beras juga mahal kan, jadi alhamdulillah sekali saya sangat berterima kasih dengan Pak Jokowi. Kalau beliau tidak turun langsung kayak gini juga tidak akan tahu kan warganya yang mana yang butuh bantuan,” ungkap Sarah.

Senada, Sinur Murni, juga merasa terbantu dengan bantuan tersebut karena kondisi ekonominya yang kurang mampu. Ia juga berharap bisa mendapatkan bantuan lainnya.

"Saya berterima kasih nian, saya memang orang tidak punya, memang saya tidak dapat PKH, saya hanya dapat (bantuan) beras ini yang 6 bulan, saya sudah dapat tiga kali, saya berterima kasih nian," tutur Sinur Murni.

Merangin, Jambi [B2B] - Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) directly inspected the availability of rice at the Bulog Pematang Kandis Warehouse Complex, Merangin Regency, Jambi Province, Wednesday (3/4).

On this occasion, Jokowi also handed over food aid in the form of rice to the beneficiary communities.

"Sir, have you received all the 10 kilos? I just got a note, some have been there three times, but some are new once, is that correct?" said Jokowi in his dialogue with the beneficiary community.

Jokowi said that the food assistance would continue until next June. However, the continuation of assistance after June will depend on the availability of the State Revenue and Expenditure Budget (APBN).

"Later we will see again if the APBN budget is sufficient and will continue in July, August, September October, November, December. "I don´t make any promises, but if we open the APBN again, we will continue it until December," said Jokowi.

One resident, Sarah, hopes that the food assistance can continue. According to him, this assistance is very useful for daily needs.

"Alhamdulillah, this month of Ramadan has been very helpful, because (the price of) rice is also expensive, right, so thank God, I am very grateful to Mr. Jokowi. "If he doesn´t come down directly like this, he won´t know which residents need help," said Sarah.

Likewise, Sinur Murni also felt helped by this assistance because of his poor economic condition. He also hopes to get other help.

"I thank you nian, I am someone who doesn´t have one, I didn´t get PKH, I only got this rice (assistance) for 6 months, I have received it three times, I thank you nian," said Sinur Murni.