Kongres ke-3 tahun 2020, Arie Kurniawan Gantikan Dino Fabriant Pimpin ADPII

Arie Kurniawan Leads the Indonesian Industrial Product Designers Alliance

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Kongres ke-3 tahun 2020, Arie Kurniawan Gantikan Dino Fabriant Pimpin ADPII
PESERTA KUORUM: Ketua ADPII periode 2017 - 2019, Dino Fabriant [kiri] bersama Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti, Dr Sangayu Ketut Laksemi [tengah dan eksektif disain produk Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo [Foto: B2B/Mya]

Jakarta [B2B] - Arie Kurniawan dilantik menjadi Ketua Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia [ADPII] periode 2020 - 2022 menggantikan Dino Fabriant pada Kongres ADPIII ke-3 tahun 2020 di Jakarta, Sabtu [22/2]. Kongres dibuka oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti, Dr Sangayu Ketut Laksemi. Hadir dua pertiga dari 250 anggota profesional perseorangan ADPII dari seluruh Indonesia sesuai ketentuan kuorum kegiatan kongres.

"Sesuai ketetapan Kongres ADPII kedua di Cikarang pada 2017, agenda utama kongres hari kedua adalah suksesi atau estafet kepengurusan ADPII tingkat nasional," kata Dino Fabriant kepada pers di Jakarta, Sabtu [22/2].

Selain itu, katanya, Kongres ADPII juga melakukan kegiatan pemilihan untuk menetapkan Ketua Umum ADPII di masa datang yang akan melanjutkan estafet kepengurusan ketika masa bakti Arie Kurniawan selesai.

Kegiatan Kongres Nasional ADPII 2020 juga melantik ketua pengurus DKI Jakarta, Jawa Barat dan DI Yogyakarta untuk periode 2020 - 2022 sesuai hasil putusan musyawarah daerah [Musda] daerah masing-masing.

"Kemudian dibahas pula upaya pemutakhiran AD/ART dari ADPII, dengan harapan agar organisasi memiliki landasan tata kelola organisasi yang baik dan akuntabel, untuk kemajuan dan kemandirian profesi Desain Produk Industri di Indonesia," kata Dino Fabriant.

Menurutnya, ADPII merupakan wadah bagi para profesional di bidang profesi desain produk industri di Indonesia yang berdiri 1976. Kelembagaan organisasi ADPII dibentuk oleh Kongres ADPII ke-1 tahun 2014, dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia sebagai 'badan hukum perkumpulan' melalui SK Nomor AHU-0001749.AH.01.07. Tahun 2015.

"Bersama pemerintah, dunia pendidikan, dunia usaha dan industri, masyarakat secara luas, serta irisan kepedulian dan kepentingan antar sesama desainer produk menjadikan wadah organisasi keprofesian ini berjuang mengusung cita-cita bersama, mewujudkan kemandirian bangsa melalui desain produk Indonesia yang maju dan bermartabat," katanya.

Rakernas ADPII 2020
Sebelumnya diberitakan, Rektor Universitas Trisakti [Usakti] Prof dr Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD membuka Rapat Kerja Nasional [Rakernas] Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia [ADPII] di Jakarta, Jumat [21/2] yang diikuti oleh Prodi Disain Produk dari 17 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, anggota Forum Prodi Desain Produk ADPII dan empat perguruan tinggi penyelenggara non anggota sebagai peninjau/pengamat.

Ketua ADPII, Dino Fabriant mengatakan Kongres Nasional ADPII ketiga tidak terlepas dari pertimbangan sejarah bahwa Prodi Desain Produk Usakti adalah pertama dan tertua yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia pada November 1965 melalui surat keputusan pendirian [SK] yang ditandatangani oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Indonesia pada saat itu.

"Rangkaian kegiatan kongres dibagi menjadi dua bagian, rapat kerja nasional forum program studi desain produk digelar hari ini, Jumat, dan kongres digelar besok, Sabtu sebagai acara puncak," kata Dino Fabriant.

Topik utama Kongres Nasional III ADPII antara lain tentang penyelenggaraan Prodi Desain Produk menyikapi berbagai perubahan dan pergeseran, seperti kebijakan pemerintah dengan kabinet baru, khususnya kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim tentang 'Kampus Merdeka'.

"Penguatan lembaga yang dilakukan bersama, hingga isu penting dari perkembangan keprofesian yang harus diantisipasi oleh lembaga pendidikan tinggi," katanya.

Jakarta [B2B] - Arie Kurniawan was appointed Chairman of the Indonesian Industrial Product Designers Alliance [ADPII] for the period 2020-2022 replacing Dino Fabriant at the 3rd ADPIII Congress of 2020 here, Saturday [February 22]. The congress was opened by the Dean of the Faculty of Art and Design at Jakarta's Trisakti University, Dr. Sangayu Ketut Laksemi, according to former of Chairman ADPII, Dino Fabriant.