Berhasil Ditolong, Turis Asing Kecemplung Sumur setelah Dikejar Anjing di Bali

Tourist Rescued after being Trapped 6 Days in Well in Bali

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Berhasil Ditolong, Turis Asing Kecemplung Sumur setelah Dikejar Anjing di Bali
BANTUAN MEDIS: Kapolsek Kuta Selatan, AKP Yusak Agustinus Sooai mengatakan tim dari SAR setempat, yang mengenakan pelindung medis karena wabah Corona berhasil menolong korban [Foto: Associated Press/MailOnline]

SEORANG wisatawan asing dari Ukraina yang jatuh ke sumur mati dan kakinya patah setelah dikejar seekor anjing liar di Bali berhasil diselamatkan setelah terjebak selama hampir sepekan, kata polisi setempat, Senin [8/6].

Roberts Jacob Matthews, 29, tersandung ke sumur beton sedalam empat meter yang terbengkalai dan tidak dapat keluar dari sumur mati tersebut selama enam hari sampai seorang petani di desa Pecatu mendengar suaranya yang lemah meminta bantuan pada Sabtu, kata polisi.

Dia memberi tahu penduduk desa lain, yang memberi Matthews makanan dan air dan mencoba membantu dengan melemparkannya tali, tetapi dia mengatakan dia tidak bisa ditarik akibat cederanya.

Kapolsek Kuta Selatan, AKP Yusak Agustinus Sooai mengatakan tim dari SAR setempat, yang mengenakan peralatan pelindung medis karena wabah koronavirus, turun ke sumur dan mengangkat Matthews keluar Sabtu malam dan membawanya ke rumah sakit terdekat untuk perawatan.

"Dia mengatakan kepada pihak berwenang bahwa dia telah berusaha untuk menghindari seekor anjing liar yang mengejarnya," kata Sooai. "Dia bertahan hanya dengan minum air di sumur."

Matthews, yang telah berlibur di Bali sejak Maret, memegang paspor Ukraina dan SIM yang dikeluarkan oleh Inggris, kata Sooai seperti dikutip Associated Press yang dilansir MailOnline.

A UKRAINIAN man who fell into an abandoned well and broke his leg while being chased by a wild dog on Indonesia´s tourist island of Bali was rescued after being trapped for nearly a week, police said Monday.

Roberts Jacob Matthews, 29, stumbled into the nearly empty 4-meter (13-foot) -deep concrete well and was unable to get out for six days until a farmer in Pecatu village heard his weak voice asking for help on Saturday, police said.

He informed other villagers, who gave Matthews food and water and tried to help by throwing him a rope, but he said he couldn't be pulled up because of his injuries.

Police chief Yusak Agustinus Sooai said a team from a local search-and-rescue agency, wearing personal protective equipment because of the coronavirus outbreak, went down into the well and lifted Matthews out late Saturday and took him to a nearby hospital for treatment.

"He told authorities that he had been trying to evade a wild dog that chased him," Sooai said. "He survived only by drinking water in the well."

Matthews, who has been vacationing on Bali since March, holds a Ukraine passport and a driver's license issued by the United Kingdom, Sooai said.