Kapal Terbakar di Benoa Bali Dekat Pantai Kuta Disorot Dunia

Massive Fire Rips through Bali Port

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Kapal Terbakar di Benoa Bali Dekat Pantai Kuta Disorot Dunia
Kebakaran dimulai pada Minggu tengah malam di pelabuhan di Kota Denpasar, Provinsi Bali, yang membakar hampir 40 kapal namun tidak ada korban luka yang dilaporkan, kata polisi (Foto: AFP/MailOnline)

KEBAKARAN besar memusnahkan puluhan kapal yang sandar di Pelabuhan Benoa, Bali yang memaksa pemadam kebakaran berupaya keras memadamkan api lebih dari 10 jam.

Kebakaran dimulai pada Minggu tengah malam di pelabuhan di Kota Denpasar, Provinsi Bali, yang membakar hampir 40 kapal namun tidak ada korban luka yang dilaporkan, kata polisi.

"Sejauh ini tidak ada korban," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombes Hengky Widjaja kepada AFP.

Pelabuhan Benoa, yang berada dekat pusat destinasi wisata terpopuler, Pantai Kuta, memperlihatkan api membumbung tinggi di langit malam dengan gumpalan asap hitam pekat.

Petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api pada pagi hari.

Awak kapal, Supriyanto, mengatakan dia tengah tertidur di kapalnya dan terbangun setelah mendapati bagian atas kapalnya terbakar.

Api cepat menyebar ke kapal-kapal terdekat termasuk kapal kargo kecil, tambahnya.

Beberapa saksi mata mengatakan mereka menduga kebakaran itu disebabkan oleh kerusakan listrik, tetapi pihak berwenang mengatakan mereka masih menyelidiki penyebabnya.

Kebakaran yang tidak disengaja merupakan hal yang umum di Indonesia di mana peraturan keselamatan kebakaran sering diabaikan seperti dilansir MailOnline.

A MASSIVE fire laid waste to dozens of boats at a Bali port on Monday as firefighters battled to bring the dramatic blaze under control.

The fire started around after midnight on the Indonesian holiday island and quickly engulfed nearly 40 local vessels but no injuries were reported, police said.

"So far there are no casualties," Bali police spokesman Hengky Widjaja told AFP.

Images from Benoa port, which sits next to the popular tourist hub of Kuta, showed flames shooting into the night sky and huge plumes of black smoke.

Firefighters were still trying to put out the blaze by mid-morning.

Crew member Supriyanto, who goes by one name, said he had been asleep on his vessel when he awoke to see the upper part of the boat on fire.

The blaze quickly spread to nearby vessels including small cargo ships, he added.

Several witnesses said they suspected the fire was started by an electrical malfunction, but authorities said they were still investigating the cause.

Accidental blazes are common in Indonesia where fire safety regulations are often ignored.