`Indonesia The World Park`, Usul Forum Deklarator Taman Dunia sebagai `Brand Nation` RI

World Parks Declarator Forum proposes Indonesia as the World Park

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


`Indonesia The World Park`, Usul Forum Deklarator Taman Dunia sebagai `Brand Nation` RI
Usulan FD-TWD disampaikan secara resmi melalui surat Nomor 045A/Brand Nation/FD-TWD/V/2020 sebagai langkah strategis terkait upaya para deklarator kepada Menparekraf Wishnutama

Jakarta [B2B] - Daniel Kumendong, Koordinator Forum Deklarator Taman Wisata Dunia [FD-TWD] menyampaikan usulan brand nation kepada Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio secara resmi pada Rabu [20/5] tentang brand nation Indonesia The World Park selaras dengan positioning yang dideklarasikan FD-TWD di Denpasar, Bali pada Rabu [9/10/2018].

Usulan FD-TWD disampaikan secara resmi melalui surat Nomor 045A/Brand Nation/FD-TWD/V/2020 sebagai langkah strategis terkait upaya para deklarator kepada Menparekraf Wishnutama tentang brand nation yang sedang dikaji oleh Tim Kemenparekraf.

Daniel Kumendong mengatakan perwakilan para kepala daerah baik provinsi dan kabupaten/kota serta para kepala dinas pariwisata beserta kepala Bappeda di seluruh Indonesia telah mempelopori penyelenggaraan Deklarasi Taman Wisata Dunia awal 0ktober 2018 di Bali.

“Dengan dukungan menteri dalam negeri, mereka telah mempelopori deklarasi taman wisata dunia guna menyampaikan usulannya secara terbuka kepada Presiden RI Joko Widodo terkait core ekonomi Indonesia agar sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat di daerah dalam upaya membangun perekonomian nasional sesuai keunggulan masing-masing daerah," kata Daniel Kumendong di Jakarta.

Di tempat terpisah, Gubernur Bengkulu, H Rohidin mengapresiasi komitmen dan kerja keras para deklarator dalam upaya membangun masa depan Indonesia yang lebih baik agar mampu berkompetisi dengan negara-negara lainnya di dunia.

“Diusulkannya nama Indonesia sebagai brand nation merupakan langkah cerdas dan strategis agar Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat dunia dengan tagline The World Park akan memperkuat ekstitensi Indonesia di mata dunia sebagai pusat pariwisata dunia," katanya.

Bersamaan dengan penyerahan surat tersebut, FD-TWD bersama WTP Foundation berencana menggalang dukungan seluruh bangsa dengan melancarkan kampanye Taman Wisata Dunia melalui pendistribusian kaos kampanye 'Indonesia The World Park' ke seluruh Indonesia sebagai tanda dukungan.

“Rencananya kita akan launching kaos kampanye tersebut pada Senin [1/6] dan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui aksi penggalangan donasi Yayasan Taman Wisata Dunia," kata Daniel Kumendong, yang juga Founder & CEO Yayasan Taman Wisata Dunia, World Tourism Park.

Mewakili para deklarator, Bupati Tapanuli Utara, Nikson H Nababan sangat mengharapkan adanya sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya membangun 'Visi Indonesia Maju' secara gotong royong.

“Kami mengharapkan diwujudkannya brand nation tersebut akan terbangun kristalisasi dan sinkronisasi antara visi yang digulirkan oleh pemerintah pusat dengan misi yang akan dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah, dalam upaya menentukan core ekonomi Indonesia yang tepat guna dan tepat sasaran sehingga ke depan kita akan bergerak bersama untuk bersaing dengan negara-negara lain," katanya lagi.

Dengan usulan brand nation, tentunya akan mempermudah Kemenparef untuk menentukan disain logo branding Indonesia untuk segera diluncurkan agar pada Agustus mendatang, sehingga dapat digunakan oleh berbagai kalangan untuk mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia.