Natuna, Sebagian Perairannya Diklaim China

China has Claimed Natuna Waters of Indonesia in its Map

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Natuna, Sebagian Perairannya Diklaim China
Wilayah Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau (Peta: jakartagreater.com)

Natuna (B2B) - Pemerintah Republik Rakyat China telah memasukkan sebagian wilayah perairan laut Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ke dalam peta wilayah mereka, kata Asisten Deputi I Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Bidang Dokrin Strategi Pertahanan, Masekal Pertama TNI Fahru Zaini.

"China telah mengklaim wilayah perairan Natuna sebagai wilayah laut mereka. Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara negara China dan Filipina. Sengketa ini, akan berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna," ungkap Fahru Zaini saat berkunjung ke Natuna, Rabu seperti dilansir republika.co.id.

Ia menjelaskan, China telah menggambar peta laut Natuna di Laut China Selatan masuk peta wilayahnya dengan 9 dash line atau garis terputus, bahkan dalam paspor terbaru milik warga China juga sudah di cantumkan.

"Yang dilakukan oleh China ini menyangkut zona wilayah NKRI. Untuk itu, kami datang ke Natuna ini ingin melihat secara nyata strategi dari komponen utama pertahanan NKRI, yaitu TNI, terutama dalam kemampuan, kekuatan dan gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah ini," jelasnya.

Menurut dia, bukan hanya wilayah Indonesia saja yang dipetakan oleh China tetapi juga wilayah negara lain yang berbatasan dengan perairan Laut China Selatan seperti, Vietnam, Malaysia, Brunai, Fhilipina serta Taiwan.

"Bukan wilayah negara Indonesia saja yang petakan oleh China, negara lain juga dipetakan. Namun China tidak mau berterus terang terhadap koordinat mana yang masuk wilayah mereka," katanya.

Itu sebabnya, lanjut Fahru, demi terjaganya keutuhan NKRI ini, kebhinekaan kebangsaan di wilayah terdepan seperti Kabupaten Natuna perlu diperkokoh.

"Wilayah yang berada di perbatasan, seperti Kabupaten Natuna, persatuan dan kesatuan antar warga maupun etnis, perlu diperkokoh. Persatuan antar warga perlu dijunjung tinggi, ini dimaksudkan supaya tak mudah disusupi atau diadu domba oleh negara lain," ujarnya.

Ia mengatakan, letak Indonesia sangat strategis, baik lautnya maupun udaranya. Setiap hari selalu ramai dilewati oleh kapal maupun pesawat negara lain yang dapat berdampak baik dan juga berdampak buruk.

"Dari letak yang bagus ini, bisa menjadi keuntungan, bahkan juga kerugian, itu tergantung kita dalam mengimpletasikannya dalam bernegara, NKRI adalah harga mati," tuturnya

Natuna (B2B) - China has included part of Natuna waters in Indonesias Riau Islands province in its territorial map, assistant deputy to the chief security minister for defense strategic doctrine Commodore Fahru Zaini stated.

"China has claimed Natuna waters as their territorial waters. This arbitrary claim is related to the dispute over Spratly and Paracel Islands between China and the Philippines. This dispute will have a large impact on the security of Natuna waters," he noted here on Wednesday.

China has drawn the sea map of Natuna Islands in the South China Sea in its territorial map with nine dash lines, he pointed out.

The new map has even been included in the new passports of Chinese citizens, he explained.

"What China has done is related to the territorial zone of the Unitary Republic of Indonesia. Therefore, we have come to Natuna to see the concrete strategy of the main component of our defense, namely the National Defense Forces (TNI)," he explained.

Not only Indonesia but also other countries bordering the South China Sea such as Vietnam, Malaysia, Brunei, the Philippines and Taiwan have part of their territory included in the Chinese map, he elaborated.

"But China is not transparent about the coordinates included in their territory," he stated.