Media Asing Sebut TNI AD Berhasil Padamkan Ledakan Gudang Amunisi

Fire at Indonesian Ammunition Depot Extinguished, Military says

Editor : Kemal A Praghotsa
Translator : Dhelia Gani


Media Asing Sebut TNI AD Berhasil Padamkan Ledakan Gudang Amunisi
GUDANG AMUNISI: Kebakaran terjadi pada hari Sabtu di gudang amunisi militer di Bogor, pinggiran Jakarta, sekitar pukul 18.30 menyebabkan serangkaian ledakan keras dan mengirimkan api serta asap ke langit malam. Militer mengatakan tidak ada yang terbunuh atau terluka.

KEBAKARAN besar di gudang amunisi milik Kodam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu malam [30/3] berhasil dipadamkan pada Minggu pagi dan pihak militer telah menyapu dan sterilisasi sisa amunisi yang meledak dalam insiden tersebut.

Kebakaran terjadi pada hari Sabtu di gudang amunisi militer di Bogor, pinggiran Jakarta, sekitar pukul 18.30 menyebabkan serangkaian ledakan keras dan mengirimkan api serta asap ke langit malam. Militer mengatakan tidak ada yang terbunuh atau terluka.

Api padam sekitar pukul 03.45 pada Minggu [31/3] kata  Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan seperti dikutip Reuters yang dilansir MailOnline.

"Kami sedang mendalami area sekitar lokasi dan akan menyisir serta membersihkan bahan-bahan yang dibuang dari gudang amunisi,” kata Hasan kepada wartawan di dekat lokasi.

Pihak militer tidak menjelaskan benda-benda tersebut namun memperingatkan warga untuk tidak menyentuhnya karena dapat membahayakan.

Petugas pemadam kebakaran menggunakan mobil robot untuk membantu memadamkan api. Pihak militer mengatakan mereka menduga kobaran api dimulai karena bahan kimia yang tidak stabil di bagian fasilitas tempat penyimpanan amunisi yang sudah tua.

Mayjen TNI Hasan mengatakan, amunisi tersebut disimpan di fasilitas tersebut karena pihak militer sedang dalam proses pembuangannya.

A MASSIVE fire at an ammunition depot near Indonesia´s capital was extinguished early on Sunday and the military was sweeping nearby residential areas to collect materials that had possibly flown out during explosions, a military official said.

The fire broke out on Saturday at a military ammunition depot in Bogor, on the outskirts of Jakarta, at around 6.30 p.m. (1130 GMT), causing a series of loud explosions and sending flames and smoke into the night sky. The military said no one was killed or injured.

The blaze was extinguished at around 3.45 a.m. on Sunday, said Mohammad Hasan, the military commander for Jakarta.

"We are investigating the area around the location and we´re going to comb and clean materials that were thrown out of the depot," Hasan told reporters near the site.

The military did not describe the objects but warned residents not to touch them as they could be dangerous.

Firefighters used robotic cars to help put out the flames. The military said it suspected the blaze had started due to unstable chemicals at a part of the facility where ageing ammunition were stored.

Hasan said the ammunition were stored in the facility because the military was in the process of disposing them.